Daftar Peraih Podium Terbanyak: Rossi Teratas, Marquez Samai Agostini

Senin, 26 Agustus 2019 - 11:23 WIB
Daftar Peraih Podium Terbanyak: Rossi Teratas, Marquez Samai Agostini
Daftar Peraih Podium Terbanyak: Rossi Teratas, Marquez Samai Agostini
A A A
SILVERSTONE - Marc Marquez menyamai catatan podium legenda hidup Giacomo Agostini setelah pembalap tim Repsol Honda itu menyelesaikan balapan seri 12 di Grand Prix Inggris dengan berada di podium kedua, Minggu (25/8/2019).

Memulai balapan dari posisi terdepan, Marquez membuat awal yang sempurna di atas tunggangan RC213V-nya dan menghindari insiden yang terjadi di belakangnya. Dengan saingan juara, Andrea Dovizioso dan calon podium Fabio Quartararo keluar dari balapan, Marquez bergabung dengan Alex Rins di depan ketika keduanya bertukar lap tercepat untuk sebagian besar lomba.

Dua pembalap top dunia itu menyuguhkan hiburan menarik sepanjang balapan. Marquez dan Rins seperti 'kucing dan tikus' yang terus bertukar tempat sampai lap terakhir.

Sayangnya, momen front-end di tikungan terakhir menyebabkan pemimpin klasemen pembalap sementara MotoGP terpaksa menutup throttle dan ia harus puas berada di tempat kedua atau kalah cepat dari Rins dengan terpaut 0,013 detik.

Podium kedua yang diraih Marquez sudah cukup untuk menyamai catatan Agostini. Ya, legenda balap asal Italia itu sukses mengumpulkan 88 podium selama menjalani kariernya di kelas utama.

Kini, Agostini setidaknya harus melupakan catatan tersebut mengingat perjalanan karier Marquez masih panjang dan masih ada podium yang bakal hadir di musim ini.

Melanjutkan perjalanannya dari dua finish teratas di tahun 2019, Marquez meninggalkan Silverstone dengan keunggulan 78 poin di Kejuaraan Dunia MotoGP dengan tujuh balapan tersisa.

"Saya senang dengan hasil untuk kejuaraan tetapi bukan hasil untuk balapan karena kalah di saat terakhir setelah memimpin bukanlah perasaan yang terbaik. Menghabiskan seluruh balapan di depan sulit di sini (Silverstone) karena Anda menggunakan lebih banyak segalanya. Saya mencoba berjalan lambat untuk satu putaran untuk melihat apakah Rins akan memimpin, tetapi dia tidak dan saya tahu bahwa Vinales ada di belakang kami, jadi saya terus mendorong," kata Marque dikutip dari laman resmi tim Honda, Senin (26/8/2019).

"Target saya bukan balapan, itu adalah kejuaraan dan jika pembalap Yamaha tiba mungkin kita bisa finish lebih rendah. Pada giliran terakhir saya punya momen di depan dan harus menutup gas yang membiarkan Rins lewat," sambungnya.

Meskipun merebut podium kedua, namun Marquez senang lantaran masih mampu menjauh dari rival terdekatnya Dovizioso. Sekarang pembalap berjuluk The Baby Alien memiliki keunggulan 78 angka dari joki Mission Winnow Ducati.

Bak ketiban durian runtuh. Podium kedua yang diraih Marquez semakin mempertajam keunggulan tim Honda atas Ducati menjadi 45 poin di klasemen konstruktor. "Kami senang karena kami unggul dengan 78 poin lebih dari yang kedua tapi saya harap Dovi baik-baik saja setelah kecelakaan besar seperti itu. Saya berharap dia bisa pulih dengan baik dan kembali karena selalu lebih baik ketika Anda mendapatkan poin pertarungan."

Sekarang Tim Repsol Honda akan melakukan perjalanan ke Sirkuit Misano untuk menjalani tes selama dua hari. Setelah itu, Marquez dan Lorenzo bakal menatap seri 13 MotoGP di GP San Marino, pada 15 September.

Daftar Peraih Podium Terbanyak di Kelas Utama:


1. Valentino Rossi 198
2. Jorge Lorenzo 114
3. Dani Pedrosa 112
4. Mick Doohan 95
5. Marc Márquez 88
6.Giacomo Agostini 88
7. Eddie Lawson 78
8. Casey Stoner 69
9. Wayne Rainey 64
10. Max Biaggi 58
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6438 seconds (0.1#10.140)