Wissum dan Choo Menang di Indofood Ironman 70.3 Bintan

Senin, 26 Agustus 2019 - 22:24 WIB
Wissum dan Choo Menang di Indofood Ironman 70.3 Bintan
Wissum dan Choo Menang di Indofood Ironman 70.3 Bintan
A A A
BINTAN - Pulau Bintan, Batam, Kepulauan Riau, bercahaya triathlon oleh 1.100 atlet yang tampil sempurna untuk Indofood Ironman 70.3 Bintan edisi kelima.

Jacob Wissum dari Denmark, meraih kemenangan dengan skor 4 jam 18 menit di kategori putra, dan Choo Ling Er Singapura, di kategori perempuan dengan skor 4 jam 45 menit.

Tamas Gabe dari Hongaria adalah pemimpin pertama hari itu dengan waktu tercepat: 27 menit 16 detik dan unggul 2 menit dari Biten Singh Laikhuram dari India. Gabe dan Laikhuram terkejar lebih awal oleh trio Wissum, Nikolaj Jenkins AS, dan mantan pebalap profesional Brandon Vesty dari Selandia Baru.
Wissum dan Choo Menang di Indofood Ironman 70.3 Bintan

Pada akhir fase sepeda, Wissum unggul 3 menit atas Vesty dan Jenkins, yang turun satu menit lebih lama. Wissum kemudian memastikan kemenangannya dengan selisih 7 menit di atas Mark Oakshott dari Australia, yang berlari ke tempat kedua dengan split tercepat pada hari itu. Pembalap Australia Luke Jones menyusul hampir selusin pelari pada setengah maraton untuk mengklaim tempat podium keseluruhan.

"Luar biasa. Saya sangat bangga telah selesai dulu di sini. Tentu saja sepeda ini jauh lebih sulit daripada Kona. Semua orang di lapangan bersorak. Para sukarelawan dan penonton sangat mengagumkan,” ujar Wissum.

Perlombaan dimulai dengan kejutan karena tiga perempuan mengalahkan semua laki-laki. Warga Australia Steph Barrett, Rosie McGeoch, dan Merle Talviste dari Estonia memulai dengan memimpin dua menit 50 detik dari favorit Singapura, Choo Ling Er.

Selama sepeda Choo menggantikan Barrett di trio memimpin yang membangun keunggulan besar di arena terakhir. McGeoch memimpin, tetapi segera terkejar oleh Choo dan akhirnya juga oleh Talviste tiga kilometer sebelum finish.

“Saya ingin melakukannya dengan baik, karena banyak teman dan sesama warga Singapura mengambil bagian dan mendukung saya di sepanjang rute. Bintan memiliki kursus sepeda yang menantang dan jujur yang cocok untuk saya dan merupakan persiapan yang baik untuk Kejuaraan Dunia Ironman Oktober nanti. Sungguh luar biasa diperlakukan seperti seorang profesional,” kata Choo.

The 2019 Indofood Ironman 70.3 Bintan bukan hanya tentang para elit amatir. 1.100 atlet amatir menantang jalan yang indah tetapi menantang, masing-masing dengan cerita dan tujuan pribadi mereka sendiri, menunjukkan semangat Ironman sejati.

Garth Barfoot, 83 tahun, menerima tepuk tangan spontan ketika dia melewati garis finish dan sekali lagi ketika sesama atlet berdiri ketika dia memasuki area pemulihan. Kisah-kisah inspirasional lainnya disediakan oleh Imtiaz Ilahi dan Ali Al-Moulah. Ilahi ditinggalkan dengan beberapa patah tulang belakang setelah kecelakaan parasut, tetapi menentang logika medis dengan bersaing dalam triathlon jarak jauh.

Al Moulah berjuang melawan obesitas pada usia 21 tahun, kehilangan 50kg dalam 1,5 tahun dengan menggunakan triathlon dan menyelesaikan IRONMAN 70.3 Bintan. Dalam klimaks yang pas untuk akhir pekan, 60 atlet pergi dengan medali kualifikasi yang berharga untuk IRONMAN 70.3 Kejuaraan Dunia di Taupo, Selandia Baru. Perjalanan Ironman mereka berlanjut. Esthy Reko Astuti, Staff Ahli Bidang Multikultural Kementerian Pariwisata RI yang hadir saat event ini mengatakan bahwa Ironman 70.3 Bintan merupakan salah satu event sport tourism unggulan Bintan-Kepri yang masuk dalam Calender of Events Wonderful Indonesia 2019."Event yang dikelola secara professional oleh Meta Sport & sinergi dengan berbagai pihak mendatangkan peserta dan pengunjung yang terus meningkat sekitar 5000-an dan memberi dampak ekonomi sekitar 1,5 jt S$ yang langsung dirasakan oleh masyarakat di daerah,” kata Esthy.

(akn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5602 seconds (0.1#10.140)