Top 20 Negara Berpenduduk Terbanyak Peraih Medali Emas Olimpiade Paris 2024, Indonesia Posisi Berapa?

Selasa, 13 Agustus 2024 - 14:09 WIB
loading...
Top 20 Negara Berpenduduk...
Top 20 Negara Berpenduduk Terbanyak Peraih Medali Emas Olimpiade Paris 2024, Indonesia Posisi Berapa? Foto: Twitter/@Olympics
A A A
Olimpiade Paris 2024 menjadi ajang pembuktian bahwa populasi besar suatu negara tidak selalu berbanding lurus dengan jumlah medali emas yang berhasil diraih. Dalam data yang diungkapkan oleh Seasia Stats, terlihat bahwa negara-negara dengan populasi besar tidak otomatis mendominasi perolehan medali emas.

India, dengan populasi terbesar di dunia sebesar 1,44 miliar orang, berada di puncak daftar 20 negara berpenduduk terbesar. Sayang, tidak satupun medali emas yang berhasil didapat oleh mereka selama tampil di Olimpiade Paris 2024.

China dan Amerika Serikat adalah postur yang ideal. Dengan jumlah penduduk terbesar kedua dan ketiga di dunia, China (1,42 miliar orang) berhasil mengumpulkan 40 medali emas Olimpiade Paris 2024. Sedangkan Amerika Serikat yang berpenduduk 341 juta jiwa juga berhasil mengumpulkan 40 keping medali emas.

Indonesia, sebagai negara dengan populasi 279 juta jiwa, berada di posisi keempat dalam daftar 20 negara berpenduduk terbanyak di Olimpiade Paris 2024. Indonesia di posisi ketujuh untuk raihan medali emas dengan menyabet 2 keping medali emas dari Veddriq Leonardo (panjat tebing) dan Rizki Juniansyah (angkat besi).



Prestasi ini menegaskan bahwa meskipun populasi besar dapat memberikan lebih banyak peluang dalam hal ketersediaan talenta, keberhasilan di Olimpiade lebih dipengaruhi oleh faktor lain seperti kualitas pelatihan, dukungan pemerintah, dan fokus pada pengembangan olahraga.

Negara-negara dengan populasi besar lainnya seperti Pakistan (245 juta) dan Nigeria (229 juta) bahkan tidak berhasil meraih satu pun medali emas, menggarisbawahi bahwa populasi bukanlah indikator mutlak kesuksesan di Olimpiade. Sebaliknya, negara seperti Jepang dengan populasi 121 juta jiwa berhasil membawa pulang 20 medali emas, menunjukkan bahwa strategi dan pengembangan olahraga yang efektif lebih penting daripada sekadar jumlah penduduk.
(sto)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1735 seconds (0.1#10.140)