Courtois Puji Van der Sar dan Casillas di Hari Kiper Internasional

Selasa, 14 April 2020 - 21:36 WIB
loading...
Courtois Puji Van der Sar dan Casillas di Hari Kiper Internasional
Kiper Real Madrid Thibaut Courtois merayakan Hari Kiper Internasional yang jatuh Selasa, 14 April 2020/Foto/AS.com
A A A
MADRID - Kiper Real Madrid Thibaut Courtois merayakan Hari Kiper Internasional yang jatuh Selasa, 14 April 2020. Dalam akun Twitter terverifikasi miliknya (@thibautcourtois), mantan andalan Atletico Madrid itu memuji idolanya eks Manchester United Edwin van der Sar dan Iker Casillas.

Courtois menyebut Casillas dan Van der Sar sebagai sosok yang menginspirasi dirinya menjadi salah satu kiper terbaik dunia. Sejauh ini, kiper timnas Belgia itu sudah mengoleksi empat trofi bersama Atletico, Chelsea (3 trofi), dan Madrid (2).

"Menghormati sesama kolega saya di #InternationalGoalkeeperDay. Sebagai legenda penjaga gawang, saya mencari @IkerCasillas & @ vdsar1970. Terima kasih, Anda berdua telah menginspirasi saya dalam mencapai target!" kicau Courtois.

Dalam kicauannya itu Courtois menyertankan foto semasa bocah, saat menjadi penjaga gawang tim amatir di Belgia.

Courtois menikmati musim yang istimewa bersama Real Madrid sebelum pandemi Covid-19 menghentikan semua sepak bola papan atas di hampir setiap sudut planet ini.

Pelatih kepala Madrid Zinedine Zidane memuji pemain berusia 27 tahun pada bulan Januari. "Dia cukup layak memecahkan setiap rekor kiper Real Madrid yang ada."

Pemain kelahiran Bree, Belgia, 11 Mei 1992, itu kini berlatih di rumahnya, ketika seluruh skuat tim utama diam di rumah akibat wabah virus corona. Courtois menatap rekor pribadi yang membuatnya bisa disejajarkan dengan kiper legendaris sepak bola Spanyol, seperti Ricardo Zamora, Gregorio Blasco, Jose Vicente Train, Salvador Sadurni, Arconada, dan Ablanedo. Courtois memburu penghargaan Zamora ketiganya musim ini (rasio kebobolan terendah di La Liga).

Courtois adalah favorit utama untuk mengamankan trofi Zamora musim ini karena baru saja kebobolan 16 gol di kompetisi domestik dengan 50% clean sheet dalam 24 pertandingan.

Koefisiennya saat ini adalah 0,67, dan saat ini cukup baginya berada di puncak daftar kiper yang telah berpartisipasi dalam setidaknya tiga pertandingan LaLiga musim ini.

Agar memenuhi syarat untuk meraih penghargaan Zamora, Courtois harus bermain dalam empat pertandingan lagi dan mencapai total 28 pertandingan dengan pesaing terdekatnya adalah Jan Oblak. Stopper asal Slovenia itu kebobolan 21 gol dalam 27 pertandingan dan saat ini berada pada koefisien 0,78.

Mendapatkan penghargaan Zamora ketiga akan menambah sukses Courtois yang meraihnya pada musim 2012-13 dan 2013-14 ketika bermain di rival sekota, Atletico Madrid.

Kiper Real Madrid terakhir yang mengamankan penghargaan Zamora adalah Iker Casillas pada musim 2007-08. Casillas hanya kebobolan 32 gol dalam 36 pertandingan saat itu.
(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1598 seconds (0.1#10.140)