Banjarmasin Janjikan Perayaan Haornas 2019 Terunik

Jum'at, 06 September 2019 - 18:53 WIB
Banjarmasin Janjikan Perayaan Haornas 2019 Terunik
Banjarmasin Janjikan Perayaan Haornas 2019 Terunik
A A A
BANJARMASIN - Ada yang berbeda dengan pelaksanaan perayaan Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2019. Banjarmasin yang didapuk sebagai tuan rumah menjanjikan sesuatu yang unik. Seperti apa keunikannya?

Tepian Sungai Martapura pada acara puncak nanti, 8 September malam akan menjadi lokasi acara perayaan. Inilah keunikannya. Sebab, sejauh ini saban tahun perayaan Haornas dilaksanakan di stadion. Setidaknya dalam dua tahun belakangan ini ketika Magelang dan Ternate di tunjuk sebagai tuan rumah.
Deputi III Pembudayaan Olahraga, Raden Isnanta selaku Penanggungjawab Panitia Nasional Peringatan Haornas 2019 membeberkan alasan mengapa menjadikan tepian Sungai Martapura atau tepatnya di Siring Menara Pandang. "Untuk lebih memperkenalkan Kalimantan Selatan yang kaya akan olahraga air. Kalimantan Selatan itu sangat terkenal dengan olahraga dayungnya. Jadi, kita juga ingin melakukan branding olahraga air. Nanti punggungnya juga di atas Sungai Martapura dengan menggunakan tongkang-tongkang,” ucap Raden Isnanta, Jumat (6/9/2019).

Pada acara tersebut nantinya Kemenpora akan memberikan penghargaan pada 23 atlet berprestasi dan tokoh olahraga. Hal ini dilakukan sebagai bentuk apresiasi pemerintah atas sumbangsih insan olahraga yang sudah mengharumkan nama bangsa dan negara di dunia internasional.

Sebagai penutup rangkaian acara, akan digelar Upacara Haornas di alun-alun kota Banjarmasin dipimpin langsung oleh Menpora Imam Nahrawi. Upacara Haornas ini nantinya diikuti seluruh jajaran instansi level nasional dan daerah.

Sementara itu, rangkaian Heornas 2019 yang mengusung tema "Ayo Olahraga, Dimana Saja, Kapan Saja" dimulai dengan Gebyar Haornas 2019 yang dilaksanakan di Duta Mall. Acara ini dibuka langsung Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor. Gebyar ini sekaligus memperkenalkan pada publik semua hal yang berkenaan dengan olahraga, seperti museum olahraga nasional, rumah sakit olahraga dan deretan prestasi yang pernah diraih atlet Indonesia.

Dalam kesempatan ini Sahbirin Noor mengaku senang dan bangga atas kepercayaan yang diberikan Kemenpora pada daerahnya untuk menjadi tuan rumah perayaan Haornas 2019. Dengan kepercayaan ini ia mengatakan tak ingin mengecewakan masyarakat olahraga Indonesia.

"Olahraga bisa jadikan generasi yang sportif, dekat dengan kejujuran. Karena itu, saya mengajak semua lapisan masyarakat untuk bergerak dan berolahraga. Karena olahraga itu modal untuk sejahtera," kata Sahbirin Noor.

Haornas 2019 kali ini juga akan dimanfaatkan untuk mendapatkan kesimpulan mengenai E-Sport yang masih mendatangkan pendapat pro dan kontra. Dengan simposium yang diadakan Sabtu (/7/9/2019), semua nara sumber dari berbagai latar belakang akan berdialog. Tujuannya adalah agar pro-kontra E-Sport tidak menjadi bahasan tak bertuan, namun berupa kajian yang memiliki kesimpulan bersama.
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6010 seconds (0.1#10.140)