Salah Butuh Sosok Dermawan seperti Suarez

Sabtu, 07 September 2019 - 17:02 WIB
Salah Butuh Sosok Dermawan seperti Suarez
Salah Butuh Sosok Dermawan seperti Suarez
A A A
LONDON - Mohamed Salah mungkin terlalu singkat mendapatkan popularitasnya di Liverpool. Hampir dua tahun lebih menetap di Inggris, penyerang berambut keriting itu sudah sukses menyetrum penggemar Si Merah lewat kontribusi yang telah diberikannya.

Salah tak hanya mampu menggarisbawahi namanya sebagai mesin gol Liverpool, tapi juga seorang pengumpan andal. Tahun lalu menjadi bagian terpenting dalam karier Salah bersama Si Merah.

Statistik di musim lalu menyebut bahwa Salah mampu memberikan 13 assist untuk rekan setimnya selama tampil di semua kompetisi. Sehingga aneh ketika banyak orang yang mencibir sikapnya yang egois bahkan terkesan rakus dan hanya terobsesi untuk menyelesaikan peluang sendiri.

Padahal Salah bukan tipe pemain seperti itu. Hanya saja, perlakuan terhadap Sadio Mane saat Liverpool mengalahkan Burnley, awal bulan ini seperti membuka lubang untuk orang berpendapat. Salah satunya pelatih legendaris Arsene Wenger.

Wenger menilai Salah sangat terobsesi pada dirinya sendiri. Menurutnya, seorang penyerang tidak sepenuhnya rakus untuk mencetak gol tetapi juga harus mencari untuk mengembangkan permainannya dan menguntungkan rekan setimnya.

Jumlah 13 assist di semua kompetisi yang diberikan Salah untuk Liverpool musim lalu dirasa masih kurang jika dibandingkan dengan Lionel Messi. Wenger dalam pandangannya menyebut bahwa La Pulga mampu mencetak 51 gol dan menciptakan 22 assist dalam 50 penampilan di semua kompetisi bersama Barcelona.

Artinya, Salah tidak selevel dengan Messi. Dan, satu masalah yang perlu diatasi pemain asal Mesir itu adalah mengurangi obsesinya untuk mencetak gol.

"Saya menganggap Salah sebagai seorang finisher yang bagus, tetapi Messi adalah pemain yang lengkap. Dia memberikan bola terakhir juga dan Salah sedikit terobsesi untuk menyelesaikannya sendiri," kata Wenger dikutip dari beIN Sports, Sabtu (7/9/2019).

"Ada dimensi yang berbeda, tentu saja ketika mereka tumbuh sedikit lebih tua, maka untuk menemukan momen Salah harus memberikan bola untuk menyelesaikannya. Meski begitu, saya sangat menyukainya, dia memiliki potensi besar," imbuh Wenger.

Lebih jauh, Wenger mengatakan salah satu pemain yang bisa membantu Salah adalah Firmino. Wenger merasa pemain Brasil itu memenuhi perannya, yang terkadang mungkin tidak disadari, karena menjadi "dermawan" kepada rekan satu timnya dan melakukan apa yang diperlukan agar tim menang.

Wenger percaya Firmino membantu Salah dan Sadio Mane dengan cara yang sama seperti Luis Suarez membantu Messi dan Neymar. "Kamu mungkin sedikit lupa, orang yang mau mengorbankan dirinya adalah Firmino. Seperti yang Suarez lakukan untuk Messi dan Neymar."

"Orang yang bekerja untuk tim, bekerja untuk semua orang dan membuat mereka bersinar. Dan potongan teka-teki ini selalu sangat sulit ditemukan dari seorang striker yang murah hati," pungkas Wenger.
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1053 seconds (0.1#10.140)