Jadi Penyambung Lidah Moreno, Sergio Ramos Dilabeli Panutan

Minggu, 08 September 2019 - 20:01 WIB
Jadi Penyambung Lidah Moreno, Sergio Ramos Dilabeli Panutan
Jadi Penyambung Lidah Moreno, Sergio Ramos Dilabeli Panutan
A A A
GIJON - Pelatih timnas Spanyol Robert Moreno melabeli bek Sergio Ramos sebagai 'pemain spesial' dan 'panutan'. Bintang andalan Real Madrid itu menjadi peyambung lidah Moreno dan menyalurkan ide sang pelatih ke pemain lainnya.

Ramos bersiap memimpin timnya menghadapi Kepulauan Faroe pada penyisihan Grup F kualifikasi Piala Eropa 2020 di El Molinon, Gijon, Minggu (8/9/2019) waktu lokal atau Senin dini hari WIB. Ramos menatap rekor Iker Casillas sebagai pemain Spanyol dengan caps (penampilan) terbanyak.

Kapten berusia 33 tahun itu mencetak gol dalam kemenangan 2-1 atas Rumania, Kamis (5/9/2019) dan akan menyamai rekor Casillas dengan 167 caps jika tampil di Gijon.

Robert Moreno memberikan penghormatan kepada Ramos jelang pertandingan, dengan mengatakan Ramos telah membantunya beradaptasi dengan perannya sebagaipelatih sejak Luis Enrique mengundurkan diri Juni lalu karena alasan pribadi.

"Semakin saya mengenalnya, semakin dia mengejutkan saya. Dia adalah contoh, panutan, dan dia banyak membantu saya," kata Moreno dalam konferensi pers, Sabtu (7/9/2019).

"Dia telah mendukung saya setiap hari dan membantu saya mentransmisikan ide-ide saya untuk tim kepada pemain lain. Anda dapat berbicara dengannya tentang apa saja. Dia menerima kritik secara konstruktif, yang merupakan sesuatu yang langka pada level ini. Dia membuat segalanya lebih mudah."

Ramos adalah satu-satunya anggota tim Spanyol yang memenangkan Piala Eropa 2008 yang masih bermain saat ini di La Furia Roja. Ramos dkk mengakhiri 44 tahun menunggu trofi dan memulai era gemilang dominasi internasional yang akan membuat mereka mengangkat Piala Dunia 2010 dan kemudian menang di Piala Eropa 2012.

Dia telah mencetak empat gol dalam lima laga kualifikasi Piala Eropa 2020 dan gol yang dicetak di kandang Rumania menempatkannya di antara 10 pencetak gol terbanyak sepanjang masa Spanyol, dengan 21 di semua kompetisi.

"Apa yang telah dia raih untuk klubnya dan tim nasional sangat mengejutkan," kata gelandang sergio Spanyol Sergio Busquets. "Kami sangat bangga bermain bersamanya."

Pelatih Kepulauan Faroe, Lars Olsen, juga memuji Ramos, tetapi tidak membenarkan reputasi bek itu karena masalah kedisiplinan. Ramos mendapat 25 kali kartu merah untuk Real Madrid, namun tidak satu pun saat bermain untuk Spanyol.

"Dia pemain istimewa, salah satu bek terbaik di dunia," kata Olsen. "Dia bek yang sangat kuat tapi kadang-kadang dia sedikit brutal dalam gayanya dan mengambil kartu merah yang bisa dia hindari. Tapi mengesampingkan hal itu, saya sangat mengaguminya."
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9403 seconds (0.1#10.140)