alexametrics

Olahraga Air Jadi Atraksi Perayaan Haornas 2019

loading...
Olahraga Air Jadi Atraksi Perayaan Haornas 2019
Perayaan Haornas 2019 berlangsung di Banjarmasin berlangsung meriah. Foto : SINDONews/Dwinarto
A+ A-
BANJARMASIN - Perayaan Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2019 berlangsung menarik. Pihak panitia penyelenggara pun berhasil menyajikan kejutan dengan hadirnya olahraga air seperi jetski dan flyboard di tengah acara.

Sebelum acara, Deputi III Bidang Pemberdayaan Olahraga Kemenpora Raden Isnanta memang telah menyampaikan akan ada sesuatu yang mengejutkan. Sejak awal acara, Menpora Imam Nahrawi dan kepada daerah yang menjadi undangan plus masyarakat Kota Banjarmasin dibuat terpukau dengan video maping dipampang di Menara Pandang Siring Sungai Martapura.

Video maping diawali dengan perjalanan tim Jelajah Nusantara dari Papua. Tim sepeda ini menjelajahi pelosok nusantara hingga finis di Lombok pada 1 September lalu. Atraksi dilanjutkan dengan aksi 100 penari yang mmebawakan tarian Langkah Semangat Banua.



Para penonton akhirnya benar-benar mendapatkan suguhan memukau ketika iringan perahu jukung. Sambil berlalu di depan panggung kehormatan, perahu yang diisi seorang penumpang melakukan senam Ayo Olahraga. Sebenarnya, ini belum kejutan sesungguhnya. Sebab, usai perahu jukung melintas, tiba-tiba muncul atraksi jetski dan flyboard.

Sebelum atraksi itu dilakukan, Imam Nahrawi dan Ketua Umum KONI Pusat Marciano Norman menyeberangi sungai dengan perahu untuk menyambangi para atlet yang mendapat penghargaan. Ada 91 insan olahraga menerima penghargaan.

Mereka di antaranya Muhammad Faathir (angkat besi), Medina Warda Aulia (catur), Muhammad Akbar Kurniawan (berkuda), Muhammad Fadli Imammuddin (paracycling), Abdul Rahman Darwin. K. Latjanda (taekwondo), dan Rizky Faidan (E-sport). Sedangkan atlet purna diwakili Hasiati Lawole (atletik), Hero Pariyono (powerlifting), Gerardus Mayella Balaigeze (atletik).

Mwnurut Menpora penghargaan yang diberikan ini membuktikan bahwa insan olahraga Indonesia bisa berprestasi baik di ajang multi event maupun single event. Dia mencontohkan Asian Games 2018 lalu yang melampaui target dengan menembus lima besar Asia.

"Pemerintah tidak bisa berjalan sendiri dalam memasalkan olahraga. Tapi semua harus bahu membahu, bergerak untuk memajukan olahraga. Ayo ajak anak-anak kita berolahraga. Dimana saja, kapan saja. Dengan olahraga akan menjauhkan mereka dari perbuatan destruktif," kata Imam.

Sementara itu Gubernur Kalsel Sahbirin Noor dalam sambutannya mengatakan jika perhatian pemerintah dalam pembangunan olaharaga di daerah sangat gencar. "Sebelumnya Haornas ke-35 berlangsung di Ternate, kini di Banjarmasin. Hal ini memberi sinyal bahwa pembangunan olahraga telah bergerak secara simultan. Jika ini terus dilakukan tentu bangsa Indonesia akan memiliki manusia yang berkualitas, " kata Sahbirin Noor.
(bbk)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak