Marc Marquez Ungkap Penyebab Gagal Naik Podium di MotoGP Austria 2024

Senin, 19 Agustus 2024 - 22:01 WIB
loading...
Marc Marquez Ungkap...
Pembalap Gresini Ducati, Marc Marquez, mengungkapkan penyebab gagal naik podium di MotoGP Austria 2024, Minggu (18/8/2024) malam WIB. Foto/SpeedWeek
A A A
SPIELBERG - Pembalap Gresini Ducati, Marc Marquez , mengungkapkan penyebab gagal naik podium di MotoGP Austria 2024, Minggu (18/8/2024) malam WIB. Dia finis di posisi empat karena start yang buruk akibat kesalahan teknis yang dilakukannya.

“Tanpa perangkat start, sulit untuk memulai dengan baik. Saya sangat tenang dan ingin mengerem lebih awal sebelum tikungan pertama agar saya bisa berakselerasi dengan baik setelahnya. Tapi kemudian terjadi kontak,” kata Marquez dilansir dari Speedweek, Senin (19/8/2024).

Untuk mengaktifkan perangkat start pada mesin motor MotoGP , pembalap harus mengerem sekuat tenaga, lalu itu akan terkunci pada tempatnya. Namun, karena Marquez sibuk menaikkan suhu ban depannya yang dingin dengan manuver selama lap pemanasan, dia secara tidak sengaja mengaktifkan dan menonaktifkan perangkat start.



Ketika juara MotoGP enam kali itu melakukan pemberhentian terakhirnya sebelum sampai di garis start, dia tak cukup cepat untuk mengaktifkan perangkat startnya lagi. Alhasil, dia memulai balapan MotoGP Austria 2024 dari posisi ketiga tanpa bantuan alat tersebut.

Kondisi itu membuat Marquez terlempar ke posisi keenam setelah start. Kemudian ketika melakukan pengereman saat memasuki Tikungan 1, dia bertabrakan dengan Morbidelli sehingga keduanya mengambil jalur darurat dan melebar ke zona run-off. Insiden itu pun membuat Marquez turun ke urutan 13.

Akan tetapi, pada akhirnya The Baby Alien -julukan Marquez- bisa melakukan comeback gemilang untuk finis di posisi empat balapan utama MotoGP Austria 2024. Dia finis dengan selisih 13,8 detik di belakang sang pemenang, Francesco Bagnaia dan kalah 6,5 detik dari Enea Bastianini, yang ada di podium ketiga.

Kecepatannya sebenarnya sangat cukup untuk bisa menyelesaikan balapan di tiga besar. Sebelumnya dalam sprint di Sirkuit Red Bull Ring, Marquez gagal finis karena terjatuh saat berada di posisi kedua. Kendati tak mampu naik podium sama sekali di Austria pada akhir pekan ini, dia menilai ini merupakan performa terbaiknya sepanjang MotoGP 2024.



“Sejauh yang saya ketahui, ini adalah salah satu akhir pekan terbaik saya di semua seri. Tetapi saya tersingkir dalam sprint dan mendapat poin nol dan saya berada di urutan keempat dalam balapan Grand Prix,” ujar rider berusia 31 tahun itu.

“Tapi saya menikmati kecepatan saya, itu ada. Di Montmelo (GP Catalunya) saya berada di posisi kedua dan ketiga dan itu adalah salah satu akhir pekan terburuk saya,” pungkasnya.

Hasil tersebut membuat Marquez masih bertahan di posisi empat klasemen sementara MotoGP 2024 dengan raihan 192 poin. Dia unggul 53 poin dari Maverick Vinales yang berada tepat di belakangnya dan tertinggal 22 poin dari Enea Bastianini yang duduk di tempat ketiga.
(wib)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1534 seconds (0.1#10.140)