alexametrics

Laporan Langsung SINDOnews dari Swiss

Xherdan Shaqiri Dibela Ottmar Hitzfeld

loading...
Xherdan Shaqiri Dibela Ottmar Hitzfeld
Xherdan Shaqiri. Foto: Reuters/Phil Noble
A+ A-
BASEL - Polemik Xherdan Shaqiri di tim nasional Swiss, Die Nati, tak kunjung reda. Setelah panen kecaman dari berbagai pihak, kini giliran Ottmar Hitzfeld, mantan pelatih Die Nati, membelanya.

Kepada wartawan, Hitzfield mengatakan, kasus Shaqiri tidak bisa dibiarkan berlarut-larut. "Pemain sekelas Shaqiri diperlukan untuk Timnas Swiss," tutur Hitzfeld.

Sebelumnya, dua mantan pemain Timnas, yakni Hakan Yakin dan Kubilay Turkyilmas, menganggap apa yang dilakukan Shaqiri tidak masuk akal. Hakan Yakin bahkan mengatakan, kelakuan Shaqiri seperti anak kecil. Sementara Turkyilmas mengganggap Shaqiri terlalu jauh melangkah.



"Dia bukan Messi atau Hazard. Tak ada Shaqiri masih banyak yang lain bisa menggantikannya," kata Turkyilmas.

Bagi Hitzfeld, apa yang dilakukan Shaqiri menunjukkan ada ketidakpuasan dalam Timnas Swiss. Meski tidak langsung mengkritik Vladimir Petkovic, pelatih Timnas Swiss saat ini, Hitzfeld secara tidak langsung dianggap sedang mengkritik Petkovic.

Semasa kepengurusannya, imbuh Hitzfeld, dia selalu mengajak Shaqiri ke kamarnya untuk berbincang bincang informal. "Dari situ saya tahu bagaimana keinginan sebenarnya," kata Hitzfeld.

Hitzfeld adalah pelatih Timnas Swiss yang memercayai Shaqiri sejak dia berusia 18 tahun.

"Dia potensial, pemain serang, maka harus diperlakukan secara khusus," katanya.

Hitzfeld ingat betul bagaimana Shaqiri agak tersinggung ketika dia menanyakan apakah sanggup turun lapangan saat melawan Inggris. Shaqiri, kenang Hitzfeld, terlihat agak tersinggung dan merasa dilecehkan.

"Barangkali seperti itulah perasaannya sekarang. Merawat Shaqiri seperri merawat bunga, harus punya feeling sensitif," kata Hitzfeld.

Shaqiri menolak bergabung dengan Timnas Swiss saat dipanggil untuk partai penting, yakni melawan Irlandia dan Gibraltar. Shaqiri mengaku akan lebih konsentrasi ke Liverpool ketimbang Timnas Swiss.

Tanpa diperkuat Shaqiri, Swiss ditahan imbang Irlandia 1-1 dan menang 4-0 saat berhadapan dengan Gibraltar.
(sha)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak