alexametrics

Liga Champions 2019/2020

Jelang Dortmund vs Barcelona, Sinyal Waspada Buat Tim Tamu

loading...
Jelang Dortmund vs Barcelona, Sinyal Waspada Buat Tim Tamu
Dortmund telah memberikan sinyal waspada Barcelona yang coba bangkit di Liga Champions. Foto : Ist
A+ A-
DORTMUND - Barcelona memulai misi kebangkitannya di Liga Champions ini dengan kewaspadaan tinggi. Ambisi Blaugrana mengembalikan kejayaan di Benua Biru bakal dihadang Borussia Dortmund yang sudah menanti di Signal Iduna Park.

Barcelona harus mengawali penyisihan Grup F dengan menyambangi Dortmund, Rabu (18/9/2019) dini hari. Ini jelas bukan laga mudah karena wakil Bundesliga itu terkenal cukup tangguh saat tampil di depan pendukung setianya. Apalagi, mereka punya sejumlah pemain bagus. Terlebih Barcelona kerap mendapat kesulitan kala bermain di luar Camp Nou. Sergio Busquets dkk hanya memenangkan empat dari 13 laga tandang terbaru di kompetisi Eropa. Barcelona juga hanya menang dua kali dari tujuh pertemuan terakhir kontra klub-klub Bundesliga. Artinya, ini bisa saja menghambat langkah Barcelona yang ingin kembali berjaya. (Baca juga : Preview Borussia Dortmund vs Barcelona: Rekor Cemerlang Tuan Rumah)
Meski sempat lima kali juara (1991/1992, 2005/2006, 2008/2009, 2010/2011, 2014/2015), klub Katalan itu tidak pernah lagi menembus final selama empat musim terakhir. Meski demikian, tim asuhan Ernesto Valverde tersebut tetap difavoritkan. Terlebih mereka datang dengan berbekal kemenangan 5-2 atas Valencia CF di Primera Liga, Minggu (15/9/2019).

Hasil itu membuat Barcelona menjaga catatan belum terkalahkan di tiga pertandingan terakhir. Motivasi kian besar lantaran Barcelona selalu melaju ke babak gugur Liga Champions sejak 2000/2001. Musim lalu El Azulgrana sukses melenggang ke semifinal setelah tiga musim sebelumnya selalu terhenti di perempat final.



Kemenangan menjadi misi penting mengingat di pertandingan kedua Grup F, 3 Oktober mendatang, Barcelona bakal menjamu jagoan Seri A Inter Milan di Camp Nou. Itu artinya, kalah atau seri melawan Dortmund akan menjadi sebuah kerugian.

Karena itu Valverde sepatutnya menurunkan komposisi pemain terbaik seperti saat menghadapi Valencia. Kabar baiknya, meski kapten Lionel Messi diragukan tampil lantaran masih menjalani proses pemulihan cedera, lini depan Barcelona tetap menakutkan. Trio Antoine Griezmann, Luis Suarez, dan penyerang muda Anssumane Fati terbukti cukup produktif. Itu dibenarkan Busquets. (Baca juga : Jelang Dortmund vs Barcelona, Messi Belum Pasti Tampil)

Sekalipun nanti Messi kembali absen, dia mengaku tidak khawatir karena Barcelona punya sosok berpengalaman dalam diri Suarez yang mencetak dua gol ke gawang Valencia setelah pulih dari cedera.
“Suarez adalah penyerang terbaik di dunia. Dia memberi kami banyak hal dalam hal rasa lapar meraih kemenangan, kerja keras, dan gol. Itu sangat baik bagi tim karena poin dikumpulkan melalui gol,” ujar Busquets, dilansir Marca.

Hanya, masih ada sedikit ganjalan, yakni pertahanan yang dianggap cukup keropos. Faktanya, dalam empat pertandingan terakhir, gawang Marc-Andre Ter Stegen sudah kebobolan tujuh gol.

Ya, tim sekelas Athletic Bilbao, Real Betis, dan Osasuna bahkan mampu mencuri gol. Itu menyebabkan Barcelona kehilangan lima poin dari tiga pertandingan Primera Liga. Ini tentu menjadi pekerjaan rumah yang harus diselesaikan Valverde. Artinya, Gerard Pique dan Clement Lenglet yang bertugas menjaga pos pertahanan harus lebih solid lagi.

Lemahnya lini belakang Barcelona tentu menjadi celah yang bisa dimanfaatkan Dortmund. Produktivitas Die Borussen terbilang mumpuni dengan torehan sembilan gol yang lahir dari dua partai ter - baru, yaitu ketika menang 5-0 atas Energie Cottbus saat uji coba (6/9/2019) dan 4-0 kontra Bayer Leverkusen (14/9/2019) di Bundesliga.

Perlu diingat pula Marco Reus dkk memiliki rekor cukup baik saat kontra klub asal Spanyol, mereka cuma kalah tiga kali dari 15 pertandingan di semua kompetisi. Selain itu, dukungan fansdi Signal Iduna Park tentu menjadi senjata tersendiri bagi armada Lucien Vavre untuk meredam Barcelona.

Optimisme itu dilontarkan gelandang Axel Witsel. Dia menegaskan Dortmund memiliki kapasitas dan kualitas untuk mengalahkan siapa pun, tidak terkecuali Barcelona. Witsel menilai nama besar sang lawan justru semakin membuat timnya bersemangat.

“Ini akan menjadi duel yang sulit karena lawan adalah Barcelona. Tapi, kami harus percaya, bermain keras, bersiap untuk pertandingan seperti di Bundesliga dan memberikan segalanya di lapangan. Saya pikir di hadapan fans, kami bisa mengalahkan Barcelona,” ujar Witsel.
(Alimansyah)
(bbk)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak