Eks Pelatnas PBSI Alvi Wijaya Jadi Pelatih Tunggal Putra di Australia

Jum'at, 23 Agustus 2024 - 17:01 WIB
loading...
Eks Pelatnas PBSI Alvi...
Eks Pelatnas PBSI Alvi Wijaya Jadi Pelatih Tunggal Putra di Australia. Foto: PBSI
A A A
SYDNEY - Kabar mengejutkan datang dari pebulutangkis tunggal putra Indonesia, Alvi Wijaya . Pemain yang akan menginjak usia 24 tahun pada besok, Sabtu (24/8/2024) itu diumumkan bergabung menjadi pelatih di klub bulutangkis Australia, Elite Badminton Academy (EBA), sehari sebelum usianya bertambah.

Bergabungnya Alvi diumumkan langsung oleh EBA lewat Instagram resmi mereka, @elitebadmintonacademy, pada Jumat (23/8/2024). Dia akan berkarier sebagai pelatih tunggal putra di klub yang bermarkas di Sydney itu.

“Selamat datang di rumah barumu, Alvi! Elite Badminton Academy secara resmi mengumumkan kedatangan dari pelatih baru tunggal putra kami, Alvi Wijaya Chairullah,” tulis keterangan EBA.



“EBA merasa sangat terhormat dan bangga untuk mengumumkan perekrutan teranyar kami, Alvi membawa banyak pengalaman, keterampilan, pengetahuan, keahlian, dan gairah dalam olahraga ini sebagai bintang tunggal putra ke EBA dan Australia. Di usianya yang masih muda, Alvi telah mencapai hasil yang sangat baik untuk Indonesia dengan peringkat dunia tertinggi sepanjang masa dan langit adalah batasnya,” lanjut keterangan itu.

Kabar tersebut bisa dibilang cukup mengejutkan karena Alvi baru terlempar dari Pelatnas PBSI pada pertengahan Juli lalu. Dia dicoret dari Cipayung berdasarkan Surat Keputusan PP PBSI Nomor :SKEP/019IL.3|VUZA24 Tentang Degradasi dan Pemulangan Atlet Pelatnas PBSI Kategori Masa Percobaan 3 (tiga) Kejuaraan Internasional.

Meski begitu, Alvi tetap ikut rombongan Tim Bulutangkis Indonesia yang berangkat pemusatan latihan di Chambly, Prancis, dalam persiapan menuju Olimpiade Paris 2024 pada akhir Juli lalu. Di sana, dia menjadi rekan sparring dua bintang tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting.

Belum jelas apakah Alvi hanya akan menjadi pelatih di Australia atau juga akan membela Negeri Kangguru sebagai pemain di turnamen-turnamen internasional. Namun jika berkaca dari mantan pemain ganda putra Indonesia, Pramudya Kusumawardana, hal itu bisa saja terjadi.

Seperti diketahui, Pramudya memutuskan cabut dari Pelatnas PBSI pada akhir tahun lalu karena ingin melanjutkan studinya di Australia. Namun, pada akhir Januari lalu, EBA mengumumkan bahwa mantan duet Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan itu bergabung sebagai pelatih di klub mereka.

Setelah itu, pemain berusia 23 tahun tersebut melakukan debutnya sebagai pemain untuk Negeri Kangguru di ajang Australia Open 2024 pada pertengahan Juni silam. Dia turun di nomor ganda putra bersama mantan pemain Indonesia lainnya, Andika Ramadiansyah, dan di sektor ganda campuran dengan Nozomi Shimizu.

Alhasil, berkaca dari kasus Pramudya, bukan tidak mungkin Alvi bakal turut membela Australia sebagai pemain. Patut ditunggu bagaimana kelanjutan kariernya ke depan.
(sto)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1482 seconds (0.1#10.140)