alexametrics

Liga Spanyol 2019/2020

Cuma Raih 7 Poin, Barcelona Cetak Rekor Terburuk dalam 25 Tahun

loading...
Cuma Raih 7 Poin, Barcelona Cetak Rekor Terburuk dalam 25 Tahun
Raihan tujuh poin merupakan angka terkecil yang pernah dikumpulkan Barcelona musim ini sejak 25 tahun lalu atau tepatnya selama Blaugrana berada di bawah asuhan pelatih legendaris Johan Cruyff / Reuters
A+ A-
GRANADA - Barcelona mengawali start terburuk dalam perjalanan klub di Liga Spanyol sejak 1994/1995, setelah hanya mampu mengantongi tujuh poin dari lima pertandingan yang telah dijalani di kompetisi domestik musim ini. Catatan minor itu muncul setelah pasukan Ernesto Valverde digulung Granada dengan skor 0-2 saat bertandang ke Los Carmenes Stadium, Minggu (22/9/2019) dini hari WIB.

Raihan tujuh poin merupakan angka terkecil yang pernah dikumpulkan Barcelona musim ini sejak 25 tahun lalu atau tepatnya selama Blaugrana berada di bawah asuhan pelatih legendaris Johan Cruyff. Kegagalan ini jelas meningkatkan tekanan buat Valverde mengingat Lionel Messi dkk gagal memenangkan tujuh pertandingan tandang di semua kompetisi.

Hasil minor ini memunculkan berbagai pertanyaan besar, salah satunya mengenai masa depan Valverde. Meski demikian, tidak ada tanggapan mengenai hal itu. Yang dibicarakan Valverde pasca pertandingan hanyalah ia siap bertanggungjawab atas kegagalan tim.



"Pada akhirnya para aktor adalah para pemain dan pelatih bertanggungjawab. Saya merasa bertanggungjawab atas apa yang telah terjadi. Anda bisa kalah tetapi ketika kalah Anda harus pantas menang dan hari ini kami belum pantas mendapatkannya," kata Valverde dikutip dari LiveScore.

"Selama melakoni laga tandang kami tidak menuai hasil yang baik. Ketika itu terjadi dalam empat pertandingan itu sudah merupakan gejala bahwa kami tidak terlalu baik. Hari ini kami belum sehat. Jauh dari rumah kami tidak memainkan permainan bagus. Kami mendominasi tetapi kami tidak menerjemahkannya ke dalam situasi gol."

Kekalahan yang diderita Barcelona terjadi bukan lantaran tidak memainkan pencetak gol terbanyak sepanjang masa Lionel Messi. Tetapi penyerang yang ada tidak mampu menggantikan peran kapten tim.

Buktinya, Antoine Griezmann gagal mencatatkan satu tembakan ke gawang dalam empat pertandingan tandangnya untuk Barcelona di semua kompetisi. Tak hanya lini depan saja yang mendapatkan perhatian serius Valverde.

Pertahanan Barcelona juga terkesan sangat rapuh. Sebab, juara bertahan Liga Spanyol itu memiliki rekor pertahanan terburuk dengan kebobolan sembilan kali dalam lima pertandingan dan mereka kini sejajar dengan Real Betis.

"Ini jelas bukan statistik yang sangat baik bagi kami dan tidak sejalan dengan apa yang telah kami lakukan dalam beberapa tahun terakhir," imbuh Valverde.

Saat ini Barcelona berada di urutan ketujuh dalam klasemen La Liga dengan tujuh poin setelah lima pertandingan, sementara Granada duduk di puncak dengan 10 poin.
(bbk)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak