alexametrics

Jika Robohkan Spong, Usyk Diplot Hadapi Pemenang Ruiz Jr vs Joshua

loading...
A+ A-
CHICAGO - Mantan raja kelas penjelajah Oleksandr Usyk akan melakukan debut kelas berat melawan Tyrone Spong di Wintrust Arena, Chicago, Illinois, AS, Sabtu (12/10/2019) waktu lokal atau Minggu (13/10/2019) pagi WIB. Duel ini menjadi pembuka karier Usyk lebih jauh di kelas berat.

Promotor Usyk, Eddie Hearn, ingin mempersiapkan mantan juara kelas penjelajah bersatu itu menghadapi pemenang pertandingan ulang antara Anthony Joshua dan Andy Ruiz Jr di Riyadh, Arab Saudi, 7 Desember nanti. Dengan demikian, Usyk harus mengalahkan Spong agar bisa menjadi penantang Ruiz atau Joshua.

Sebelum dipastikan menghadapi Spong, Usyk, 32 tahun, direncanakan menghadapi mantan penantang gelar dunia Carlos Takam (36-5-1, 28 KO) untuk debut kelas berat pada 25 Mei.



Namun, dalam pelatihan untuk pertarungan, Usyk menderita cedera bisep pada Mei lalu, dan pertarungan dibatalkan. Kemudian duel Usyk vs Takam dijadwal ulang untuk September, tetapi kemudian dibatalkan juga.

Usyk (16-0, 12 KO) adalah penantang wajib kelas berat World Boxing Organization (WBO) meskipun belum pernah bertarung di kelas berat. WBO memungkinkan Super Champion di kelas penjelajah untuk naik kelas dan menjadi penantang wajib segera.

Usyk bergerak untuk mengejar hal-hal yang lebih besar dan lebih baik dalam pendapatan dan gelar dunia. Penampilan terakhir Usyk melawan Tony Bellew tahun lalu di bulan Oktober 2018 menunjukkan bahwa dia mungkin tidak memiliki kekuatan meninju untuk bersaing melawan kelas berat yang lebih tangguh.

Cedera bisep dan waktu pemulihan menyebabkan Usyk kehilangan banyak sentuhan. Hearn kemungkinan melihat Usyk belum cocok melawan Tony Bellew pada pertandingan debut di kelas berat, dan itu positif bagi Usyk.

“Usyk adalah wajib untuk pertandingan ulang Anthony Joshua vs Andy Ruiz, tapi dia harus mengalahkan Spong dulu. Itu tidak akan mudah. Kami akan mencari tahu banyak tentang Usyk berkiprah di divisi kelas berat. Saya yakin dia akan menjadi ancaman bagi semua pendatang," kata Hearn kepada AB Boxing News.

Hearn juga menyebut juara kelas berat WBC Deontay Wilder menjadi calon awan Usyk berikutnya jika berhasil melewati tantangan di depannya. "Dia harus bertarung dengannya (Wilder) selanjutnya."

Spong yang berusia 34 tahun memiliki banyak kekuatan meninju, tetapi dia hampir tidak memiliki pengalaman dalam bertinju melawan petarung tingkat dunia. Latar belakang Spong ada di kickboxing, dan dia tidak memiliki karier tinju amatir yang panjang, seperti Usyk yang meraih medali emas Olimpiade 2012

Cukup jelas bahwa Hearn ingin memastikan bahwa Usyk tidak dikalahkan sebelum bertarung dengan pemenang pertarungan Anthony Joshua vs Andy Ruiz Jr.
(sha)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak