Perbandingan VO2 Max Pemain Timnas Indonesia U-19 vs Era Evan Dimas Dulu Menurut Indra Sjafri

Sabtu, 31 Agustus 2024 - 17:00 WIB
loading...
Perbandingan VO2 Max...
Perbandingan VO2 Max Pemain Timnas Indonesia U-19 vs Era Evan Dimas Dulu Menurut Indra Sjafri. Foto: IST
A A A
Perbandingan VO2 Max pemain Timnas Indonesia U-19 vs era Evan Dimas dkk dulu diungkap Indra Sjafri . Sebagaimana diketahui, Coach IS sendiri berpengalaman melatih Timnas Indonesia U-19 era sekarang dan dulu.

Selama beberapa tahun terakhir, PSSI menggenjot pengembangan pemain-pemain muda potensial melalui Tim Nasional (Timnas) kelompok umur. Sebut saja dari U-16, U-17, U-19 hingga U-20.

Perlahan, langkah tersebut berbuah hasil manis. Saat ini, mulai terlihat peningkatan signifikan, termasuk di Timnas U-19.

VO2 Max Pemain Timnas U-19 Sekarang vs Era Evan Dimas Dulu


Sebagai informasi, VO2 Max ini adalah acuan kemampuan tubuh dalam memproses oksigen saat melakukan kegiatan intensif termasuk olahraga. Nah, biasanya tes VO2 Max sendiri biasa dilakukan para pegiat olahraga, tak terkecuali untuk pesepak bola.

Perbandingan VO2 Max diungkap Indra Sjafri kala menjadi tamu dalam podcast di kanal YouTube Arya Sinulingga. Podcast dengan judul "Juru Taktik Timnas U-19 - Indra Sjafri Bongkar Strategi" itu telah tayang pada 2 Agustus 2024.

Pada podcast yang dilakukan Indra Sjafri dengan Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI itu, ada banyak pembahasan yang diulas. Salah satunya sempat menyinggung terkait perbandingan kualitas pemain Timnas Indonesia U-19 era kini yang kemarin menjuarai Piala Aff U-19 2024 dengan Timnas U-19 era Evan Dimas dulu.

Pembahasan tersebut diawali ketika Arya bertanya mengenai pandangan Coach Indra soal bibit-bibit muda Timnas Indonesia saat ini. Setelahnya, Indra Sjafri mencoba membandingkannya melalui kriteria VO2 Max.

"Ini by data yang bang ya, ini contoh. VO2 Max aja zamannya 2013 Evan Dimas. Evan Dimas itu VO2 Max-nya cuma 63 dan hanya satu-satunya di tim. Di bawah itu ada 50, 53, ya kan. (kalau) sekarang, rata-rata 62,8 " ucap Indra Sjafri.

Selain dari VO2 Max, Indra Sjafri juga menyoroti tinggi badan para pemain. Menurutnya, jika dulu rata-rata di bawah 170, saat ini rata-ratanya 178,2. Tertinggi bahkan ada yang mencapai 193 dan untuk kiper hampir semua 190.

Menanggapi perbandingan tersebut, Indra Sjafri menyebutnya sebagai kemajuan. Dia pun menyampaikan apabila proses ini masih ingin diteruskan, aspek tim kepelatihan harus terus diperbaiki.

Untuk diketahui, Timnas Indonesia U-19 angkatan 2024 belum lama ini telah menjuarai Piala Aff U-19. Mayoritas alumninya kini telah naik kasta menuju Timnas Indonesia U-20 yang tempo hari mengalahkan Timnas Argentina U-20.

Itulah ulasan mengenai perbandingan VO2 Max pemain Timnas Indonesia U-19 sekarang vs era Evan Dimas dulu menurut Indra Sjafri.
(sto)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0878 seconds (0.1#10.140)