alexametrics

Menanti Pembuktian Oleksandr Usyk di Tanah Raksasa Kelas Berat

loading...
Menanti Pembuktian Oleksandr Usyk di Tanah Raksasa Kelas Berat
Menanti Pembuktian Oleksandr Usyk di Tanah Raksasa Kelas Berat /Sky Sports
A+ A-
CHICAGO - Hari debut Oleksandr Usyk di Kelas Berat tiba. Sebelum debut, Usyk sudah memiliki sedikit rasa tentang apa yang diharapkan ketika debut di Kelas Berat - cedera, kekacauan, drama, bisikan dan rumor.. Semuanya sudah dirasakannya sebelum dia melepaskan pukulan pertamanya di ring Kelas Berat.

Siang ini WIB, mimpi Raja Penjelajah tidak terkalahkan itu, berduel di Kelas Berat akan terwujud. Terlepas dari apa pun hasil debut di Kelas Berat melawan Chazz Witherspoon di Chicago, Amerika Serikat, Usyk telah menciptakan langkah maju dalam karirnya.

Dia akan segera belajar bahwa kehidupan di jalur cepat sangat berbeda dengan dunia apa pun yang sebelumnya telah dia taklukkan. Dia akan dipukul lebih keras daripada yang bisa dia siapkan, dihajar oleh pria yang lebih kasar dan lebih berat yang telah dia temui sebelumnya di Kelas Penjelajah.



Kapan dia mendaratkan pukulannya sendiri? Chazz Witherspoon akan menjadi orang pertama yang merasakan kerasnya pukulannya. Witherspoon juga menjadi orang pertama yang akan menghajar wajah dan tubuhnya di ring Kelas Berat.

Usyk harus melalui jalan berliku untuk tiba di atas ring dengan Witherspoon di Chicago. Dimulai dari cedera bicep yang menunda debutnya yang dijadwalkan melawan Carlos Takam. Rencana duel dengan Tyrone Spong dibatalkan setelah calon lawannya positif doping. Hingga akhirnya muncul Witherspoon sebagai lawan pengganti.

Selama berpetualang di Kelas Penjelajah, Usyk terlalu perkasa bagi lawan-lawannya seperti Murat Gassiev, Mairis Breidis, dan Krzysztof Glowacki. Usyk menjalani tur Eropa Timur dan mengalahkan semua lawannya. Termasuk mengalahkan Tony Bellew pada debutnya di Inggris.

Setelah berlabuh di Kelas Berat, Usyk harus bersiap menghadapi para raksasa Kelas Berat seperti
Deontay Wilder, Tyson Fury hingga Anthony Joshua. Usyk harus mengarkan nasihat David Haye agar bisa survive di Kelas Berat. ’’Pertahanan adalah hal yang paling penting ketika petinju Kelas Penjelajah naik ke Kelas Berat,’’ kata David Haye, salah satu dari hanya dua orang yang menjadi juara dunia di kedua divisi.

’’Seorang petinju Kelas Berat yang lebih besar hanya bisa memaksakan kekuatannya jika dia bisa mendaratkan pukulannya padamu. Jika dia tidak bisa mendaratkan pukulannya, itu tidak membuat perbedaan."

Juara dunia Kelas Berat WBC Deontay Wilder pun langsung menyambut Usyk dengan ejekan. Wilder menganggap Usyk terlalu kecil untuk ukuran fisik petinju Kelas Berat. Bobot Usyk hanya 97,5kg. Sedangkan petinju Kelas Berat lazimnya berbobot di atas 100kg. "Dia terlalu kecil. Dia bukan ancaman bagi saya,"sindir Wilder.

Namun, Usyk sudan mendapatkan garansi sebagai penantang wajib Kelas Berat WBO. Artinya, Usyk akan menghadapi pemenang duel ulang antara Anthony Joshua melawan Andy Ruiz Jr pada 7 Desember mendatang. Duel ulang itu salah satunya memeprebutkan sabuk WBO yang kini dimiliki Ruiz Jr.

Kemenangan saja tidak selalu cukup di divisi kelas berat, dan ini adalah pelajaran besar yang akan dipelajari Usyk. Itu selalu disertai dengan pukulan yang datang setelah bel ronde terakhir, sering dilemparkan oleh para pesaingnya. Pertanyaan besar yang sudah terbayang tentang Usyk: bisakah dia memukul cukup keras? Siang ini akan diketahui bersama.

Dunia tinju penasaran untuk mengetahui apakah Usyk dapat bersaing di puncak divisi Kelas Berat, jika dia bisa berjalan di tanah raksasa. Dalam hal keterampilan kita tahu bahwa dia bisa, satu-satunya kelas berat yang bahkan dapat mulai menyaingi dia pada skor itu adalah Fury. Petarung Ukraina itu dikenal seorang pejuang "tabrak dan jangan pukul" dan dia harus tetap seperti itu. Dia harus menjaga kecepatan dan gerakan yang membuatnya sulit untuk dipukul.

Dia juga harus bisa memukul cukup keras untuk menghentikan para raksasa Kelas berat. Tetapi publik perlu melihat bukti kuat dengan matanya sendiri. Jika Usyk bisa mengalahkan Witherspoon tetapi itu bukanlah yang ingin dilihat orang. Mereka ingin melihat Usyk menunjukkan kepada publik kekuatannya. Jika dia tidak bisa melakukan itu maka pertanyaan akan ditanyakan.

Pada 32 Usyk punya waktu tetapi dia belum tentu akan menerimanya. Mungkin saja dia bahkan bisa bertarung memperebutkan gelar juara dunia dalam pertarungan berikutnya. Tujuannya adalah menjadi kelas berat nomor 1 di dunia; dia tidak akan melangkah jika dia tidak yakin bahwa dia dapat mencapainya.
(aww)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak