alexametrics

El Clasico Diundur, Ini Dampaknya Bagi Real Madrid dan Barcelona

loading...
El Clasico Diundur, Ini Dampaknya Bagi Real Madrid dan Barcelona
Diundurnya El Clasico dipercaya bakal memperberat jadwal pertandingan Real Madrid dan Barcelona selama Desember. Foto: Istimewa
A+ A-
MADRID - Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) telah menentukan jadwal baru El Clasico pertama pada musim ini. Duel antara Real Madrid kontra Barcelona yang semula akan digelar di Camp Nou pada Sabtu (26/10), diundur menjadi Rabu (18/12).

Diundurnya jadwal El Clasico itu sejatinya atas dasar keamanan terkait adanya demonstrasi besar-besaran. Dan, dengan digelar pada pertengahan Desember, kondisinya diyakini sudah cukup mendukung bagi Barcelona dan Real Madrid untuk saling jegal.

Tapi, bukan berarti tidak ada konsekuensi. Diundurnya jadwal El Clascio ternyata memberi dampak negatif bagi Real Madrid dan Barcelona. Salah satunya menambah padat pertandingan yang harus dilaksanakan.



Ada sejumlah partai penting yang harus dilakoni Barcelona dan Real Madrid sebelum 18 Desember. Supercopa de Espana yang kini menggunakan format empat tim, yang artinya makin memperberat jadwal.

Jika El Clascio tetap dilaksanakan pada 18 Desember, baik Barcelona dan Real Madrid bakal tampil empat kali dalam 10 hari. Sebab, keduanya harus merumput pada 12 dan 15 Desember. Setelah duel klasik tersebut, mereka juga masih bertanding lagi 22 Desember.

Belum lagi laga Copa del Rey, dimana putaran pertama juga akan digelar pada 18 Desember. Artinya, ada kemungkinan pertandingannya bakal diundur lagi. Dan, bisa saja nantinya menyulitkan Barcelona dan Real Madrid dalam melakukan rotasi. Ini dampak yang mungkin terjadi.

Barcelona
Pasukan Ernesto Valverde harus mengunjungi Inter Milan di Giuseppe Meazza untuk melakoni lanjutan penyisihan Grup F Liga Champions pada 11 Desember. Setelah itu sowan ke Reale Arena untuk melawan Real Sociedad pada 15 Desember, atau tiga hari sebelum El Clasico.

Kemudian, laga penutup Barcelona tahun ini akan terjadi di Camp Nou melawan Deportivo Alaves pada 22 Desember. Sedangkan, partai awal tahun El Azulgrana akan diwarnai Derby Catalan melawan Espanyol pada 5 Januari 2020. Lalu, dilanjutkan dengan Supercopa de Espana di Arab Saudi.

Real Madrid
Armada Zinedine Zidane harus berkunjung ke Club Brugge untuk mengikuti lanjutan penyisihan Grup A Liga Champions pada 12 Desember. Kemudian menyambangi Mestalla markas Valencia di La Liga, pada 15 Desember.

Itu berarti, jadwal pertandingan Real Madrid lebih padat dibanding Barcelona. Apalagi setelah itu Los Blancos masih harus menjamu Athlectic Bilbao pada 22 Desember di Santiago Bernabeu. Setelah libur musim dingin, Karim Benzema dkk harus bertamu ke kandang Getafe pada 5 Januari 2020.
(mir)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak