Tinju Kelas Welter Membusuk, Juara Dunia Takut Bertarung

Jum'at, 06 September 2024 - 03:33 WIB
loading...
Tinju Kelas Welter Membusuk,...
Tinju Kelas Welter Membusuk, Juara Dunia Takut Bertarung/Boxing Scene
A A A
Tinju kelas welter membusuk ketika para juara dunia tinju takut bertarung, saling menghindari bertemu di ring. Apa yang dulunya merupakan divisi elite kini hancur menjadi beberapa bagian dari negosiasi yang gagal, promosi yang ketat, pengambilan keputusan yang protektif, dan nama-nama yang nyaris tidak dikenal.

Acara akhir pekan Hari Buruh baru-baru ini yang menyaksikan juara kelas welter IBF tak terkalahkan Jaron Ennis dan promotornya, Matchroom Boxing milik Eddie Hearn, menarik diri dari pembicaraan penyatuan dengan juara baru WBO Brian Norman Jr. semakin mendinginkan divisi yang hanya diisi oleh para pengganti Terence Crawford yang dikirim melalui email.

“Ini adalah gejala dari olahraga ini. Para petinju tidak bertarung satu sama lain... tampaknya sangat sulit untuk melakukan pertarungan ini,” kata mantan juara kelas 63,5 kg Chris Algieri dalam acara ‘Top Stories’ di ProBox TV, Rabu. ''Bagaimana itu bisa terjadi? Bagaimana pertarungan ini tidak terjadi?.''



''Kita berada dalam era empat sabuk, era unifikasi, namun kita juga melihat para petinju menghindari petinju lainnya. Kita memiliki kelas-kelas yang penuh dengan petarung tak terkalahkan dan mereka semua memiliki gelar.”

Memang, dengan pengecualian Saul Canelo Alvarez yang memiliki tiga sabuk di kelas 76,2 kg dan Naoya Inoue dari Jepang yang menjadi juara kelas super-bantam tak terbantahkan, setiap divisi lain di antara kelas-kelas tersebut menawarkan setidaknya tiga juara dunia:

Kelas menengah (tiga), welter super (tiga), kelas welter (empat), ringan super (empat), kelas ringan (empat), kelas bulu super (empat), kelas bulu (empat). Terdapat empat juara di kelas bantam dan masing-masing tiga juara di kelas terbang super dan kelas terbang. ''Kita harus membuat para petarung ini saling bertarung satu sama lain,” kata Algieri.

''Sebagian dari itu adalah promosi, sebagian lagi adalah (sikap keras kepala di) kamp pelatihan, sebagian lagi adalah negosiasi dan inflasi pasar. Ini bukan hanya tentang divisi welter. Ini adalah olahraga.”

Namun, kasus Ennis (32-0, 29 KO), seorang petinju berbakat berusia 27 tahun yang langka dan menjanjikan, yang telah menyatakan keinginannya untuk membersihkan divisi ini, sangatlah menyakitkan. ''Saya ingin mengoleksi semua sabuk ini. Saya hanya frustrasi,” kata Ennis kepada YSM Sports Media, saat pembicaraan dengan Norman terbukti sulit. “Saya tidak ingin menjalani pertarungan yang tidak ada ujungnya. Saya hanya ingin menjadi tak terbantahkan... pola pikir saya terfokus pada (sabuk) WBC, WBO dan WBA.”

Sebaliknya, juara baru WBO, Norman (26-0, 20 KO) dan timnya merasa bahwa mereka memiliki selisih USD500.000 dari kesepakatan penyatuan dan memilih untuk mempertahankan gelar pertama mereka di bawah pertarungan homecoming Keyshawn Davis di Norfolk, Virginia, 8 November, melawan petinju Puerto Riko, Derrieck Cuevas (27-1-1, 19 KO).
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1078 seconds (0.1#10.140)