Ini Asal-usul Darah Indonesia dalam Tubuh Ragnar Oratmangoen, Mesin Gol Timnas Indonesia

Jum'at, 06 September 2024 - 17:01 WIB
loading...
Ini Asal-usul Darah...
Ini Asal-usul Darah Indonesia dalam Tubuh Ragnar Oratmangoen, Mesin Gol Timnas Indonesia. Foto: PSSI
A A A
Asal-usul darah Indonesia dari Ragnar Oratmangoen akan dibahas di artikel ini. Ia merupakan salah satu pemain naturalisasi Timnas Indonesia di era pelatih Shin Tae-yong.

Melihat ke belakang, Ragnar resmi menjadi warga negara Indonesia (WNI) pada Maret 2024 lalu. Bersama Thom Haye, ia menjalani proses pengambilan sumpah WNI di Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, Senin (18/3/2024).

Sebagaimana pemain keturunan lain di skuad Garuda, Ragnar juga memiliki darah Indonesia dalam tubuhnya. Berikut ini ulasan mengenai asal muasalnya.

Asal-usul Darah Indonesia Ragnar Oratmangoen


Darah Indonesia Ragnar Oratmangoen berasal dari sang kakek yang lahir di Maluku. Darah Indonesia tersebut kemudian diturunkan kepada ayah Ragnar sebelum akhirnya berada dalam tubuhnya juga.

Selain itu, ada sebuah hal menarik ketika kakeknya yang asli Maluku rupanya dulu adalah anggota Koninklijke Nederlandsch Indische Leger (KNIL). Istilah tersebut mengacu pada sebuah nama pasukan militer di masa penjajahan Belanda.

Fakta tersebut diketahui lewat sebuah artikel yang dirilis oleh surat kabar asli Belanda, Bd.nl pada 2021. Menurut media tersebut, kakeknya Ragnar pernah berstatus sebagai prajurit Koninklijke Nederlandsch Indische Leger atau KNIL saat masa revolusi Indonesia.

Meski lahir dan besar di Belanda, Ragnar akhirnya memutuskan untuk mengambil kewarganegaraan Indonesia. Hal ini dilakukan agar dirinya bisa membela Timnas Indonesia.

Benar saja, setelah proses perpindahan kewarganegaraannya selesai, Ragnar langsung menjadi andalan skuad Garuda di bawah asuhan Shin Tae-yong. Sosoknya menjadi harapan bagi lini depan Timnas Indonesia yang selama ini dirasa kurang optimal.

Ragnar sendiri menjalani debut kala Timnas Indonesia melawan Vietnam pada putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia Grup F. Waktu itu, ia ikut menyumbang satu gol dalam kemenangan meyakinkan 3-0.

Bicara soal kemampuan, Ragnar punya kualitas sebagai versatile player alias pemain serba bisa. Tak hanya menjadi winger, ia bisa ditempatkan sebagai penyerang tengah hingga gelandang serang.

Saat ini, Ragnar juga menjadi salah satu pemain Timnas Indonesia yang bermain di luar negeri. Ia bergabung dengan FCV Dender di Belgia pada pertengahan Agustus 2024 lalu.

Demikianlah ulasan mengenai asal usul darah Indonesia dalam tubuh Ragnar Oratmangoen.
(sto)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1168 seconds (0.1#10.140)