alexametrics

Begini Cara Roger Federer Mengatasi Rasa Kecewa Ketika Kalah

loading...
Begini Cara Roger Federer Mengatasi Rasa Kecewa Ketika Kalah
Begini Cara Roger Federer Mengatasi Rasa Kecewa Kalah/ATP
A+ A-
BASEL - Petenis Swiss, Roger Federer punya rahasia bagaimana mengatasi kekecewaan ketika mengalami kekalahan dalam sebuah pertandingan. Rahasianya pun sangat sederhana. ’’Lupakan mereka,’’kata Federer.’’Anda harus terus maju,’’lanjut mantan petenis nomor 1 dunia tersebut.Perjalanan Federer pun tidak selalu mulus di tengah ketatnya persaingan saat ini. Dia mengalami lima dari delapan kekalahan di tur tahun ini yang terjadi pada set penentuan, dengan tiga di antaranya terjadi di perempat final dan dua di final.

Pekan ini, petenis Swiss berusia 38 tahun tersebut kembali ke negaranya untuk memburu gelar Ke-10 di Swiss Indoors Basel. Di babak pertama, Federer yang diunggulkan di posisi pertama akan menghadapi Peter Gojowczyk dari Jerman.

Musim ini, Federer meraih hasil kerasnya dengan lolos ke Final ATP untuk memperpanjang rekor penampilan ke-17 kalinya. Dia memegang rekor menang-kalah 47-8, menempatkannya di posisi kedua musim ini dalam hal persentase kemenangan dengan 85,5 persen, di bawah Rafael Nadal (88,9%).

Federer akan memainkan pertandingan tur ATP ke-1.500 saat melawan Gojowczyk. Dia siap menghadapi tekanan di hadapan publiknya sendiri.




’’Aku berusaha menjaga level setinggi mungkin selalu. Terkadang lawan, kadang pikiran atau permainan Anda sendiri yang mati. Dan tentu saja Anda bekerja dengan etos kerja yang benar dalam praktik, dengan konsentrasi yang tepat dan segalanya, ”kata Federer.

Berkompetisi di Basel selalu menjadi hal yang istimewa bagi Federer, yang pernah menjadi ball boy saat anak-anak. Juara sembilan kali di Basel ini telah mencapai final turnamen ATP 500 ini dalam setiap 12 penampilan terakhirnya.

’’Tapi saya harus kembali dan melihat semua pertandingan yang saya mainkan musim ini. Hanya beberapa yang menonjol bagi saya bahwa mungkin saya bisa menang tetapi saya tidak menang. Tetapi jika saya melihat kembali seluruh karier saya, saya memiliki banyak pertandingan yang bisa saya menangkan yang saya kalah. Tetapi saya juga menang jauh lebih banyak dari yang seharusnya atau bisa saya miliki.”

Dan meskipun Federer telah merebut tiga gelar musim ini - ini adalah kali ke-16 ia mencapai prestasi dalam karirnya - dia belum berhasil melewati perempat final dalam tiga turnamen terakhirnya. ’’Saya merasa seperti ini adalah musim yang sangat ketat. Saya suka bermain di dalam ruangan juga dan saya harap semuanya akan terjadi di Basel ... (dan saya akan) bangkit kembali sedikit."
(aww)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak