alexametrics

Ini Kunci Sukses Barcelona Rebut Posisi Pertama La Liga

loading...
Ini Kunci Sukses Barcelona Rebut Posisi Pertama La Liga
Barcelona berhasil memucaki klasemen La Liga setelah menggilas Eibar 3-0. Ada beberapa hal yang membuat El Azulgrana tetap kompetitif. Foto: Istimewa
A+ A-
BARCELONA - Keberuntungan Barcelona rupanya belum habis. Melalui kerja keras dan kesabaran, El Azulgrana akhirnya bisa memuncaki lagi klasemen sementara La Liga. Ada sejumlah faktor yang membuat tim asuhan Ernesto Valverde itu kembali kompetitif.

Perjalanan Barcelona pada awal musim, khususnya di kompetisi domestik tidak terlalu mulus. Sejumlah hasil negatif mendera yang membuat mereka sempat terlempar dari empat besar. Nyatanya, mereka melewati lima laga pertamanya dengan catatan dua menang, satu imbang dan dua kalah.

Barcelona mengawali langkahnya dengan kekalahan 0-1 dari Atheltic Bilbao, lalu ditahan Osasuna 2-2 dan dipermalukan Granada 0-2. Tapi, semua itu hanya masa lalu. Kini Barcelona telah kembali ke jalur yang benar, dimana sekarang sukses membukukan empat kemenangan beruntun di La Liga.



Kesialan yang dialami para rival ikut membatu mengatrol posisi Barcelona di La Liga. Nyatanya, Real Madrid baru saja dikalahkan Real Mallorca 0-1. Sedangkan Atletico Madrid terus meraih hasil imbang selama tiga partai terbarunya.

“Setiap musim pasti ada periode sulitnya. Namun, yang terpenting adalah bagaimana caranya keluar dari itu. Kami tidak mengawali musim dengan baik. Tapi, saya suka bagaimana tim ini bereaksi. Itu yang terpenting,” ucap Pelatih Barcelona Ernesto Valverde, dilansir marca.

Selain keberuntungan, lalu apa saja yang membuat Barcelona bisa kembali berkuasa di Spanyol?

Lebih Baik dari Musim Lalu
Meski sempat dihujani kritikan, torehan Barcelona di La Liga saat ini sebenarnya lebih baik dari musim lalu pada periode yang sama. El Azulgrana mencatat enam menang, satu imbang dan dua kalah dari sembilan laga. Sebelumnya mereka membukukan lima menang, tiga imbang dan satu kalah.

Selamat Tanpa Lionel Messi
Musim ini Lionel Messi sempat melewati lima pertandingan La Liga akibat cedera engkel dan otot perut. Tapi, walau tanpa bantuan La Pulga, Barcelona masih mampu meraih hasil bagus, yakni tiga menang, satu imbang dan satu kalah.

MSG Mulai Produktif
Lini depan Barcelona dihuni tiga penyerang mematikan, yakni Lionel Messi, Luis Suarez dan Antoine Griezmann atau yang disingkat MSG. Tapi, mereka tidak sejak awal tampil bersama. Baru saat melumat Eibar 3-0, ketiganya berada di satu lapangan selama 90 menit dan masing-masing mencetak gol.

Membaiknya Pertahanan
Cederanya sejumlah bek membuat lini belakang Barcelona sempat keropos. Tapi, ketika Samuel Umtiti dan Jordi Alba kembali bugar dan tampil bagus, pertahanan El Azulgrana kembali kokoh, khususnya di La Liga. Faktanya, mereka kini sudah membukukan tiga clean sheet beruntun.

Banyaknya Amunisi Berkualitas
Bisa dikatakan, saat ini Ernesto Valverde memiliki skuad paling kuat selama melatih Barcelona. Maksudnya, sekalipun ada pemain yang cedera, klub Katalan itu bisa tetap kompetitif. Soalnya, pemain muda macam Ansu Fati dan Ousmane Dembele bisa diberdayakan.

Terbukanya Lumbung Gol
Saat kompetisi digelar, Barcelona seperti kesulitan menjebol gawang lawan. Apalagi ketika Suarez dan Messi cedera, Valverde hanya bisa mengandalkan Griezmann di lini depan. Sekarang, barisan penyerangnya sudah lengkap. Itu memudahkan Blaugrana untuk mencetak gol.
(mir)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak