alexametrics

FIFA Tetapkan China Tuan Rumah Piala Dunia Antarklub Format Baru 2021

loading...
FIFA Tetapkan China Tuan Rumah Piala Dunia Antarklub Format Baru 2021
Presiden FIFA Gianni Infantino mengungkap China resmi menjadi tuan rumah edisi pertama Piala Dunia Antarklub fromat baru/Foto/Reuters
A+ A-
SHANGHAI - China resmi menjadi tuan rumah edisi pertama Piala Dunia Antarklub fromat baru pada 2021. Presiden FIFA Gianni Infantino mengungkap hal itu kepada wartawan pada Kamis (24/10/2019) setelah pertemuan Dewan FIFA di Shanghai.

Piala Dunia Antaklub edisi 2021 akan diperluas menjadi 24 kub dari semula hanya perwakilan benua plus tuan rumah. Infantino mengatakan kompetisi akan berlangsung pada Juni-Juli 2021, dan format, alokasi slot, dan kriteria untuk memilih tim akan diputuskan dalam beberapa pekan ke depan.

Infantino tidak memberikan rincian slot yang tepat tetapi mengatakan akan ada delapan tim dari Eropa.



Kompetisi ini juga diharapkan menampilkan lima atau enam tim dari Amerika Selatan, satu dari Oceania, satu dari negara tuan rumah China, dan masing-masing tiga dari konfederasi kontinental lainnya sebagai anggota FIFA.

Infantino juga mengumumkan bahwa tuan rumah untuk Piala Dunia 2030 akan dipilih pada tahun 2024, meskipun Dewan FIFA tidak membahas kemungkinan mengizinkan negara-negara Asia untuk melakukan bidding - sesuatu yang akan membutuhkan perubahan aturan FIFA tentang rotasi tuan rumah Piala Dunia.

"Ini adalah keputusan bersejarah untuk sepak bola," kata Infantino tentang keputusan untuk memilih China untuk kompetisi Piala Dunia Antarklub dengan tampilan baru, seperti dilansir Reuters.

"(Turnamen) baru akan menjadi kompetisi yang ditunggu-tunggu siapa pun yang mencintai sepak bola. Ini adalah Piala Dunia (Antarklub) yang nyata dan benar di mana klub-klub terbaik akan bertanding," tambahnya.

Infantino mengatakan turnamen baru akan memiliki dampak besar secara finansial. "Ini akan memungkinkan untuk menghasilkan pendapatan yang signifikan tetapi saya ingin menggarisbawahi ini, sangat, sangat jelas. FIFA tidak akan mendapatkan pemasukan (nol) dari ini karena kami akan menginvestasikan kembali ini dalam sepakbola," ujarnya.

Turnamen ini menghadapi tentangan keras dari klub-klub Eropa yang mengatakan tidak ada ruang dalam kalender internasional saat ini.

Piala Dunia Antarklub saat ini terdiri dari tujuh tim dan diadakan setiap bulan Desember. Qatar akan menggelar dua edisi terakhir, termasuk tahun ini.
(sha)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak