3 Faktor Semua Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia Bisa Hafal Lagu Indonesia Raya

Selasa, 10 September 2024 - 13:19 WIB
loading...
3 Faktor Semua Pemain...
Hampir seluruh pemain naturalisasi Timnas Indonesia rupanya hafal lagu Indonesia Raya / Foto: PSSI
A A A
Hampir seluruh pemain naturalisasi Timnas Indonesia rupanya hafal lagu Indonesia Raya . Ini terlihat ketika mereka menyanyikan lagu tersebut kala menghadapi Arab Saudi di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Seperti yang diketahui jika Timnas Indonesia kini sudah dipenuhi oleh pemain naturalisasi, sebut saja seperti Rafael Struick, Sandy Walsh, Ragnar Oratmangoen, Jay Idzes, Thom Haye, Calvin Verdonk, hingga Maarten Paes.

Bahkan ketika menghadapi Arab Saudi pada 6 Juni 2024 kemarin, hampir semua pemain yang tampil adalah naturalisasi kecuali Rizky Ridho dan Witan Sulaiman.



Menariknya, ketika prosesi penyanyian lagu kebangsaan atau national anthem sebelum laga berlangsung, hampir semua pemain Timnas Indonesia yang notabene naturalisasi justru dapat menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Hal tersebut lantas mendapat apresiasi dari berbagai kalangan, termasuk media Malaysia yang kagum karena mereka hafal lagu kebangsaannya. Itu berbanding terbalik dengan pemain naturalisasi yang dimiliki Timnas Malaysia.

3 Sebab Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia Hafal Lagu Indonesia Raya

1. Mempelajarinya

Satu kemungkinan yang pasti mengapa hampir semua pemain naturalisasi Timnas Indonesia hafal lagu Indonesia Raya adalah karena mereka telah mempelajarinya.

Bisa jadi jika mereka memang ingin mempelajari lagu tersebut untuk menumbuhkan semangat nasionalisme. Atau memang ada kriu pelatih yang mewajibkan para pemain hafal lagu tersebut.

Mungkin sampai saat ini memang belum jelas alasan mengapa mereka hafal lagu tersebut, namun yang jelas adalah karena mereka semua memang memiliki niat untuk mempelajarinya.


2. Memiliki Darah Indonesia

Sebagian besar pemain timnas Indonesia seperti Ivar Jenner, Rafael Struick, Stefano Lilipaly, Jordi Amat, Sandy Walsh dan Shayne Pattynama memiliki darah Indonesia.

Sehingga, kemungkinan besar lagu ini telah diajarkan oleh leluhur atau orang tua mereka. Sebab itu jugalah yang membuat mereka begitu bersemangat ketika menyanyikan lagu Indonesia Raya.

3. Bangga Memperkuat Timnas Indonesia

Selain dua alasan diatas, penyebab mereka semua hafal lagu Indonesia Raya kemungkinan besar disebabkan oleh rasa bangga dalam diri mereka setelah dapat terpilih untuk memperkuat tim nasional.

Meskipun kebanyakan pemain naturalisasi Indonesia ini adalah pemain abroad, mereka rela untuk menempuh perjalanan jauh demi memperkuat timnas supaya dapat menonjol di kancah dunia.

Mentalitas itu jugalah yang mereka gunakan untuk menghafal lagu kebangsaan sehingga dapat menyanyikannya di depan suporter yang menyaksikan.
(yov)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1102 seconds (0.1#10.140)