Pembalap Bersaudara Galang-Aldi Jadikan Indonesia Calon Juara Dunia di World Supersport 300 Prancis

Kamis, 12 September 2024 - 06:39 WIB
loading...
Pembalap Bersaudara...
Pembalap Bersaudara Galang-Aldi Jadikan Indonesia Calon Juara Dunia di World Supersport 300 Prancis
A A A
YOGYAKARTA - Pembalap kakak beradik asal Indonesia, Galang Hendra Pratama dan Aldi Satya Mahendra, mencatatkan sejarah di ajang balap motor internasional dengan meraih podium pada seri kedelapan Motul French Round di kejuaraan World Supersport 300 (WorldSSP300) di Sirkuit de Nevers Magny-Cours, Prancis, Sabtu, 7 September 2024. Prestasi ini menegaskan konsistensi performa luar biasa mereka sepanjang musim ini.

Galang Hendra Pratama (nomor motor 56) membalap untuk tim ProGP NitiRacing Yamaha, sementara adiknya, Aldi Satya Mahendra (nomor motor 57), berlaga bersama tim BRCorse Yamaha. Galang memulai debutnya di kejuaraan FIM Superbike World Championship (WorldSBK) pada tahun 2014, sementara Aldi baru bergabung tahun ini. Sejauh ini, Galang telah dua kali meraih podium, sedangkan Aldi enam kali.
Pembalap Bersaudara Galang-Aldi Jadikan Indonesia Calon Juara Dunia di World Supersport 300 Prancis

Kesuksesan kakak beradik ini tak lepas dari dukungan orang tua mereka, Dicky Hestu dan Desy Prasanti, yang juga merupakan pembalap nasional era ‘90an. "Papa dan Mama adalah inspirasi dan motivasi kami," ungkap Galang.

Kejuaraan yang digelar di Eropa ini menjadi tantangan tersendiri bagi Galang dan Aldi. Setiap serinya terdiri dari dua balapan, dan hasil akhirnya dicatat berdasarkan perolehan dari kedua race. Pada seri kedelapan di Prancis, Aldi mengamankan pole position setelah berhasil menjadi yang tercepat di superpole, sementara Galang start di posisi ke-12 untuk race pertama. Pada race kedua, posisi start bergeser; Galang di posisi kelima dan Aldi di posisi ketiga. Mereka berkompetisi melawan pembalap dari Belanda, Spanyol, Italia, Ceko, Prancis, Australia, Jerman, Brazil, Inggris, dan Denmark.

Dalam dua race tersebut, Galang dan Aldi secara konsisten meraih podium. Pada race pertama, Aldi finis kedua dan Galang di posisi ketiga. Sementara pada race kedua, giliran Galang yang finis kedua dan Aldi di posisi ketiga.

"Kompetisi di WorldSSP300 sangat ketat. Kami harus selalu fokus dan memanfaatkan setiap kesempatan yang ada," kata Aldi.

Raihan ini menjadi kado spesial bagi orang tua mereka, terutama bagi ayah mereka, Dicky, yang berulang tahun di bulan September. "Papa dan Mama dulu berjuang di dunia balap nasional, sekarang kami ingin mempersembahkan kemenangan ini untuk mereka di ajang balap internasional," ujar Aldi.

Selain dukungan dari keluarga, pencapaian mereka juga didukung oleh tim balap dan sponsor yang setia mendukung sepanjang kejuaraan. Dukungan sponsor sangat berarti, terutama dalam menghadapi persaingan ketat di level internasional. Kemenangan di Prancis ini membuat Galang dan Aldi semakin yakin bahwa gelar juara dunia bukanlah hal yang mustahil.

"Kami berharap mendapatkan sponsor dengan visi dan misi yang sejalan, agar kami bisa berada di satu tim yang sama dan lebih fokus meraih gelar juara dunia. Kami juga terbuka untuk brand lokal yang ingin terlibat, karena kami ingin membawa nama Indonesia lebih dikenal di dunia balap Eropa," kata Galang. "Dukungan dari masyarakat Indonesia sangat berarti bagi kami untuk terus berprestasi di ajang World Superbike."

Profil Singkat Galang Hendra Pratama


Galang Hendra Pratama, pembalap asal Yogyakarta, saat ini berada di posisi ketujuh klasemen World Supersport 300. Ia memulai karir balap sejak usia 6 tahun pada 2005 dan dikenal dengan fokus serta keuletannya. Galang saat ini membalap bersama tim ProGP NitiRacing Yamaha dengan motor Yamaha YZF-R3. Aktivitasnya dapat diikuti melalui akun Instagram resmi @galanghendra55real dengan tagar #HendraPower.

Profil Singkat Aldi Satya Mahendra


Aldi Satya Mahendra, juga asal Yogyakarta, saat ini memimpin klasemen World Supersport 300. Mulai menekuni dunia balap sejak usia 6 tahun pada 2012, Aldi dikenal dengan kelincahannya dan energi besar yang membawanya meraih posisi terdepan. Ia membalap untuk tim BRCorse Yamaha dengan motor Yamaha YZF-R3. Aktivitas Aldi bisa diikuti melalui akun Instagram @aldihendra_57 dengan tagar #HendraPower.

4o
(sto)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0911 seconds (0.1#10.140)