Polisi Usut Dalang Kerusuhan di Stadion Gelora Bung Tomo

Rabu, 30 Oktober 2019 - 23:00 WIB
Polisi Usut Dalang Kerusuhan di Stadion Gelora Bung Tomo
Polisi Usut Dalang Kerusuhan di Stadion Gelora Bung Tomo
A A A
SURABAYA - Kabid Humas Polda Jawa Timur, Kombes Pol Frans Barung Mangera , mengatakan pihaknya tengah mengusut dalang aksi perusakan dan pembakaran Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) oleh oknum suporter Persebaya, Bonek.

"Kami akan segera cari siapa dalang kerusuhan itu. Ibu Khofifah (Gubernur Jatim) sudah meminta Polda Jatim untuk mengusut tuntas kasus ini. Bapak Kapolda (Irjen Pol Luki Hermawan) juga menyatakan bahwa prihatin akan kejadian ini," kata Barung di Mapolda Jatim Jalan Ahmad Yani Surabaya, Rabu (30/10/2019).

Barung mengungkapkan, saat ini pihaknya kini tengah mencari bukti-bukti di lokasi kejadian perkara. Jika terkumpul bukti, Barung akan segera menindak tegas pelaku. Selain itu, Kapolda Jatim juga meminta semua pihak tidak lagi mengulangi perbuatan tersebut terutama pembakaran, perusakan.

"Kita akan melakukan penegakan hukum sementara kita mencari bukti otentik untuk kita menindaklanjuti. Kita segera memanggil saksi-saksi di lokasi. Saat ini kami tengah memeriksa dokumentasi saat kejadian pembakaran di lokasi," tandas Barung.

Seperti diketahui, kerusuhan terjadi ketika wasit meniup peluit tanda berakhirnya pertandingan Persebaya Surabaya melawan PSS Sleman di Stadion GBT, Rabu (29/10/2019) petang. Di pertandingan tersebut, tim tuan rumah Persebaya Surabaya takluk atas tim tamu PSS Sleman, 2-3. Bonek langsung berhamburan masuk ke lapangan ketika pemain belum masuk ke ruang anti .

Bahkan, para pemain persebaya menjadi buruan bonek yang terlanjur kecewa dengan hasil beruk Persebaya dari beberapa pertandingan terakhir. Sebagian dari mereka membentangkan spanduk protes kepada manajemen persebaya. Sebagian lagi bertindak anarkis merusak fasilitas stadion, bahkan mereka juga membakar papan iklan di tengah lapangan dan membakar gawang disisi kiri.
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8239 seconds (0.1#10.140)