Profil Wasit Kontroversial Eko Agus Sugiharto yang Dipukul Pemain di PON XXI Aceh-Sumut 2024

Minggu, 15 September 2024 - 12:14 WIB
loading...
Profil Wasit Kontroversial...
Profil Wasit Kontroversial Eko Agus Sugiharto yang Dipukul Pemain di PON XXI Aceh-Sumut 2024
A A A
Nama Eko Agus Sugiharto, wasit asal Sumatera Selatan, mendadak ramai diperbincangkan setelah menjadi korban pemukulan dalam laga perempat final sepak bola putra PON XXI Aceh-Sumut 2024. Insiden ini terjadi pada pertandingan antara Aceh melawan Sulawesi Tengah di Stadion Dimurthala, Banda Aceh, Sabtu, 14 September 2024.

Kejadian bermula ketika Eko memberikan penalti untuk Aceh di menit-menit akhir pertandingan, keputusan yang dianggap kontroversial oleh pemain Sulawesi Tengah. Pemain Sulawesi Tengah, Muhammad Rizki, tak bisa menahan emosi dan memukul Eko hingga wasit tersebut jatuh pingsan. Pertandingan sempat terhenti sebelum akhirnya dilanjutkan dengan wasit pengganti.


Eko Agus Sugiharto, yang memiliki lisensi A Nasional dan dikenal sering memimpin berbagai kompetisi, termasuk Liga 3 Indonesia, menjadi sasaran kritik. Sebelum insiden ini, Eko juga sempat memimpin pertandingan PON lainnya tanpa masalah. Namun, keputusan memberikan penalti dalam laga tersebut memicu kericuhan yang berujung pada kekerasan.

Insiden ini menimbulkan kontroversi besar di kalangan pencinta sepak bola. Sulawesi Tengah yang semula unggul, harus menerima keputusan penalti kedua setelah handball yang akhirnya membuat pertandingan berakhir imbang 1-1. Tim Sulawesi Tengah memutuskan mundur, memberi Aceh tiket ke semifinal PON XXI.

Kekerasan terhadap wasit seperti yang dialami Eko menambah daftar panjang insiden di dunia sepak bola Indonesia. Insiden ini menjadi pelajaran bagi semua pihak untuk lebih menahan emosi dan menghargai keputusan wasit di lapangan.
(sto)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1074 seconds (0.1#10.140)