Misi Ganda Garuda Muda Sebelum Berlaga di Uzbekistan

Kamis, 27 Agustus 2020 - 14:35 WIB
loading...
Misi Ganda Garuda Muda Sebelum Berlaga di Uzbekistan
Kroasia akan menjadi kawah candrimuka tim nasional Indonesia U-19 dalam mempersiapkan diri menghadapi Piala Asia. Foto/Antara
A A A
JAKARTA - Kroasia akan menjadi kawah candrimuka tim nasional Indonesia U-19 dalam mempersiapkan diri menghadapi Piala Asia. Misi ganda diusung Garuda Muda dalam pemusatan latihan ketiga sebelum berlaga di Uzbekistan.

Sebanyak 30 pemain sudah dipilih Pelatih Shin Tae-yong untuk mengikuti pemusatan latihan jangka panjang di Kroasia. Beberapa di antaranya sudah familier dengan publik sepak bola Tanah Air yang notabene jebolan timnas U-16 dan program Garuda Select di Inggris.

Sebut saja Supriadi, Andre Oktaviansyah, Bagas Kaffa, Rizky Ridho, Yudha Febrian, Beckham Putra, dan Brylian Aldama. Selain itu, ada empat nama pemain baru yang selama ini berkarier di Eropa, yakni Elkan Baggot yang membela tim asal Inggris Ipswich Town dan Jack Brown (Lincoln City). (Baca: Timnas Indonesia U-19 Akan Gelar Pemusatan Pelatihan di Kroasia)

Kemudian Witan Sulaeman yang bermain untuk tim asal Serbia FK Radnik Surdulica dan Khairul Imam Zakiri dari Gymnastica Cueta yang saat ini bermain di Liga Spanyol U-19.

Misi Ganda Garuda Muda Sebelum Berlaga di Uzbekistan


Dalam pemilihan pemain ini, Tae-yong kembali membuat kejutan setelah tidak menyertakan top skor timnas U-19 Fajar Faturahman pada kualifikasi Piala Asia dalam skuadnya. Pada kualifikasi lalu, Fajar menyumbangkan tiga gol. Total ada sembilan pemain yang dicoret pelatih asal Korea Selatan tersebut di mana tiga di antaranya lantaran cedera.

Selain itu, Tae-yong memasukkan dua wajah baru dalam skuadnya, yakni Yofandani Damai Putra (PSIS Semarang) dan Ahmad Afrizal, pemain Vamos Indonesia. Sesuai jadwal, timnas U-19 akan bertolak ke Kroasia sebelum akhir Agustus.

Di Negara Balkan tersebut, skuad Garuda Muda sudah ditunggu tiga calon lawan dalam International U-19 Friendly Tournament 2020. Lawan tangguh tersebut yakni Bulgaria, Arab Saudi, dan tuan rumah Kroasia. Turnamen ini mulai bergulir pada 2-8 September.

Meski hanya berstatus turnamen pemanasan sebelum tampil di Piala Asia pada Oktober mendatang, timnas U-19 dipastikan tidak akan bermain setengah hati. Apalagi, ini akan menjadi ajang untuk mengukur perkembangan tim yang juga disiapkan menghadapi Piala Dunia U-20 tahun depan. (Baca juga: Rusia Masih Optimis Rencana Pembelian Sukhoi Indonesia akan Berlanjut)

Ajang ini juga akan dimanfaatkan untuk mematangkan strategi tim sebelum bertolak ke Uzbekistan. Pelatih Tae-yong masih memiliki kesempatan sekitar satu bulan untuk memoles skuadnya dalam pemusatan latihan di Kroasia nanti. Apalagi, ada Arab Saudi yang nantinya menjadi salah satu kontestan di Piala Asia nanti.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.0133 seconds (0.1#10.140)