alexametrics

Kualifikasi Piala Asia U-19

Tersisihnya China dan Thailand Kejutan Terbesar di Kualifikasi Piala Asia U-19

loading...
Tersisihnya China dan Thailand Kejutan Terbesar di Kualifikasi Piala Asia U-19
Malaysia U-19 berhasil menumbangkan Thailand U-19 di laga terakhir. Kekalahan tersebut membuat Thailand tersisih di Piala Asia U-19. Foto : Foxsportasia
A+ A-
JAKARTA - Perhelatan kualifikasi Piala Asia U-19 baru saja dirampungkan. Banyak kejutan terjadi di ajang kompetisi junior Asia itu dengan kegagalan yang dialami tim besar-besar seperti China dan Thailand.

Sebagai informasi, babak kualifikasin ini dibagi dalam 11 grup yang melibatkan 46 negara. Selanjutnya partisipan dibagi kembali dalam zona barat dan timur.

Indonesia yang berada di zona timur berhasil lolos ke putaran final Piala Asia U-19 2020 yang akan berlangsung di Uzbekistan. Garuda Asia lolos otomatis setelah menjadi juara Grup K setelah di laga terakhir bermain imbang dengan Korea Utara U-19. (Baca juga : Imbangi Korut, Indonesia U-19 Lolos ke Uzbekistan)



Menarik di grup lainnya, China yang diunggulkan bakal melenggang di luar dugaan harus tersisih. Tampil di Grup I, China U-19 kalah bersaing dengan Korea Selatan U-19. Dari tiga pertandingan China U-19 hanya mampu meraup enam poin. Dan sekali kekalahan yang dialami saat jumpa Korsel U-19 membuat pemain muda Tirai Bambu harus melupakan mimpi tampil di Piala Asia U-19.

Sementara itu dari Grup G, Thailand U-19 di luar dugaan juga terjegal langkahnya. Sempat tampil mengagumkan ketika menggulung Mariana Utara U-19 dengan skor 21-0, di pertandingan penentuan mereka harus mengakui keunggulan Malaysia U-19 0-1.

Di grup ini pun siap melahirkan kejutan dengan terbukanya Kamboja U-19 untuk kali pertama lolos ke putaran final. Capaian ini tak lepas dari kesuksesan mereka menekuk Thailand U-19 di penyisihan grup. Kamboja U-19 masih harus menunggu hasil pertandingan Grup A yang belum memainkan pertandingan. Grup A yang dihuni Irak, Oman, Palestina, Kuwait dan Pakistan baru akan memainkan babak penyisihan mulai 22 November mendatang.

Kejutan lainnya terjadi menyusul lolosnya Laos U-19 tampil mewakili Asia Tenggara ke putaran final. Negeri yang selama selalu kalah bersaing dengan Indonesia, Thailand atau Malaysia itu, secara menyakinkan lolos setelah menjadi runner-up terbaik.

Dari Piala Asia U-19 itu akan diambil tiga negara untuk lolo ke Piala Dunia U-20 2021 di Indonesia. Sebetulnya jatah Asia empat dari kualifikasi, tapi karena Indonesia sudah menjadi tuan rumah, maka hak otomatis diambil Indonesia.

Berikut ini daftar tim yang lolos ke Piala Asia U-19 2020
Uzbekistan (Tuan Rumah)
Qatar (Juara Grup B)
Tajikistan (Juara Grup C)
Iran (Juara Grup D)
Bahrain (Juara Grup E)
Arab Saudi (Juara Grup F)
Malaysia (Juara Grup G)
Australia (Juara Grup H)
Korea Selatan (Juara Grup I)
Jepang (Juara Grup J)
Indonesia (Juara Grup K)
Laos (Runner-up Terbaik)
Vietnam (Runner-up Terbaik)
Yaman (Runner-up Terbaik)
(bbk)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak