alexametrics

Koeman Berpotensi Melatih Barcelona pada Musim Depan

loading...
Koeman Berpotensi Melatih Barcelona pada Musim Depan
Ronald Koeman berpotensi melatih Barcelona pada musim depan menggantikan Ernesto Valverde. Foto: Istimewa
A+ A-
BARCELONA - Barcelona hampir dipastikan akan berganti pelatih setelah musim ini berakhir. Dan, salah satu yang berpotensi menggatikan Ernesto Valverde adalah Ronald Koeman. Nakhoda Timnas Belanda itu mengaku telah dihubungi El Azulgrana terkait kemungkinan bertugas di Camp Nou.

Kontrak Valverde bakal habis pada 30 Juni 2020. Mengacu perkembangan terkini, petinggi Barcelona konon memutuskan tidak akan mempertahankannya. Ituberarti, klub Katalan tersebut kemungkinan besar bakal melakukan suksesi.

Koeman menjadi kandidat terkuat penerus Valverde. Pelatih berusia 56 tahun itu menyatakan menukangi Barcelona pada musim panas mendatang merupakan hal yang mungkin baginya. Sebab, itu bisa dilakukan secara regulasi.



Masa tugas Koeman bersama De Oranje sebenarnya baru habis pada 31 Desember 2022. Tapi, ada klausul yang menyebut kalau dia memiliki opsi untuk bergabung bersama Barcelona pada musim panas mendatang.

“Di dalam kontrak Ronald Koeman, terdapat opsi untuk melatih Barcelona pada musim panas mendatang,” ucap Direktur Asosiasi Sepak Bola Belanda (KNVB) Nico-Jan Hoogma, dilansir Mundo Deportivo.

Hal ini dibenarkan Koeman. Dia menyatakan melatih Barcelona pada musim depan menjadi sesuatu yang memungkinkan. Tapi, itu juga setelah berakhirnya Piala Eropa 2020, dan jika El Azulgrana benar-benar ingin merekrutnya.

“Itu memungkinkan (melatih Barcelona). Tapi, terasa agak aneh membicarakan kemungkinan melatih klub lain ketika Anda masih menjadi pelatih Belanda. Namun, saya tidak tahu apa yang akan terjadi pada musim depan,” jelas Koeman.

Bila melihat pengalaman serta prestasi, Koeman dinilai layak membesut Lionel Messi dkk. Dia mulai bertugas disisi lapangan sejak 1997. Sepanjang kariernya dia sudah menukangi 10 tim, termasuk Belanda dan mendulang delapan gelar, diantaranya dua trofi Eredivisie bersama Ajax Amsterdam.

Selain itu, Koeman juga sudah pernah merasakan atmosfir La Liga saat mengasuh Valencia (2007-2008) dan ketika menjadi gelandang bertahan Barcelona (1989-1995). Lebih lanjut, selama membela Blaugrana, dia juga sudah menyumbang 10 titel, termasuk empat gelar La Liga secara beruntun.
(mir)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak