alexametrics

Jelang Grand Prix Valencia 2019

Michelin Siapkan Desain Asimetris di GP Valencia

loading...
Michelin Siapkan Desain Asimetris di GP Valencia
Michelin bakal menurunkan ban depan dan belakang asimetris pada putaran terakhir di Grand Prix Valencia akhir pekan ini
A+ A-
VALENCIA - Michelin bakal menurunkan ban depan dan belakang asimetris pada putaran terakhir di Grand Prix Valencia akhir pekan ini. Tata letak Sirkuit Ricardo Tormo, yang memiliki sembilan belokan kiri dan lima kanan menjadi salah satu alasan pemasok ban MotoGP memilih ban dengan desain asimetris.

Desain Asimetris diharapkan mampu mengatasi tuntutan yang dihadapi para pembalap selama mengaspal di lintasan sepanjang 4 km. Pasalnya, ban akan mengalami degradasi pada sisi. Sehingga karet lebih keras akan muncul di sisi kiri untuk melawan tekanan ekstra yang ditempatkan pada bagian ban itu dan untuk bersaing dengan banyak sudut yang bergerak ke arah itu.

Untuk mengatasi permasalahan yang datang, Michelin menyediakan senyawa lunak, menengah, dan keras asimetris untuk bagian depan dan belakang. "Valencia adalah trek yang sangat unik dan ini merupakan tantangan khusus dari tata letak," kata bos Piero Taramasso dikutip dari BikeSport, Jumat (15/11/2019).



"Spanyol dapat memiliki cuaca yang bagus (ideal) untuk balapan di bulan November. Tetapi bisa sangat dingin di pagi hari. Untuk mengatasi ini, kita membutuhkan karet yang dapat melakukan pemanasan dengan cepat dan bekerja ketika trek memanas, serta bersaing dengan jumlah putaran dalam suksesi cepat," tambah Taramasso.

"Sisi kiri tidak pernah memiliki banyak kesempatan untuk mendinginkan karena motor menghabiskan banyak waktu bersandar pada sisi itu sepanjang putaran, sehingga ban asimetris harus dirancang dengan sempurna untuk memenuhi tuntutan itu," pungkas Taramasso.
(sha)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak