alexametrics

MotoGP 2021

Ingin Sukseskan MotoGP 2021, ITDC Bentuk Tim Khusus

loading...
Ingin Sukseskan MotoGP 2021, ITDC Bentuk Tim Khusus
Masterplan Sirkuit Mandalika yang digadang-gadang sebagai sirkuit jalan raya terbesar di dunia. Foto : Dok/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Indonesia kini semakin gencar untuk mempersiapkan Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Timur untuk menjadi tuan rumah ajang MotoGP 2021. Guna menyukseskan pembangunan sirkuit yang digadang-gadang menjadi street circuit pertama di dunia, Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), secara resmi membentuk Mandalika Grand-Prix Assosiation (MGPA).

Presiden Direktur ITDC Abdulbar M Mansoer mengatakan MGPA merupakan badan yang akan menjadi race promotor penyelenggaraan MotoGP di Mandalika pada 2021 mendatang. Badan ini juga bertanggungjawab menyukseskan ajang balap motor paling bergengsi di dunia tersebut.

“Kami memerlukan badan profesional, berdedikasi, bepengalaman dan kompeten untuk mengurusi pembangunan ini. Kami sadar pada satu titik untuk membentuk tim super dan harus menyelenggarakan balap tahun 2021. Maka dari itu, kami membentuk MGPA dan mereka nantinya akan secara penuh menjalankan penyelenggaraan ini dan juga menjadi race promotor,” ungkap Abduh kepada media.



MGPA telah dipercaya oleh ITDC untuk mengambilalih tanggung jawab pelaksanaan penyelenggaraan MotoGP serta World Superbike di Sirkuit Mandalika mulai 2021 dan tahun-tahun berikutnya. Seperti diketahui, ITDC mendapatkan kepastian penyelenggaraan event MotoGP di Mandalika setelah ITDC menandatangani Promoter's Agreement dengan Dorna di Madrid, 28 Januari lalu.

Pada pertemuan tersebut, Mandalika ditunjuk menjadi tuan rumah balap MotoGP selama 5 tahun mulai 2021 dan mendapatkan kontrak untuk menggelar FIM Motul Superbike World Championship (WSBK).

CEO MGPA Ricky Baheramsjah mengatakan pembangunan Mandalika Street Circuit telah dilakukan sejak September 2019 lalu dan saat ini telah memasuki tahap ground work dengan progress mencapai 30%. Sementara kegiatan pengaspalan akan dimulai pada Januari 2020. Hingga saat ini, progres pembangunan kabarnya masih berjalan dengan baik. Dia memastikan sirkuit akan rampung pada akhir 2020 dan MotoGP Indonesia dapat digelar pada 2021.

Seperti yang diumumkan Dorna, Sirkuit Mandalika akan menjadi salah satu lokasi tes pra-musim 2021, jika MotoGP Indonesia masuk ke dalam kalender 2021. Tes pra-musim diperkirakan akan berlangsung pada Februari atau Maret 2021, sebelum dimulainya musim baru Moto GP 2021.

“Kami yakin siap untuk menjamu tes pra-musim MotoGP 2021 seperti yang direncanakan oleh Dorna. Untuk itu kami akan memastikan pembangunan Sirkuit Mandalika selesai sesuai jadwal, sehingga MotoGP Indonesia dapat masuk kalender balap 2021,” ungkap Ricky. (Raikhul Amar)
(bbk)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak