alexametrics

Borobudur Marathon 2019

Diikuti 500 Pelari, Friendship Run Semarakkan Borobudur Marathon 2019

loading...
Diikuti 500 Pelari, Friendship Run Semarakkan Borobudur Marathon 2019
Borobudur Marathon 2019 akan digelar di Kawasan Candi Borobudur,Magelang, Jawa Tengah, pada Minggu 17 November 2019. Foto: Koran SINDO/Bakti M Munir
A+ A-
MAGELANG - Borobudur Marathon 2019 akan digelar di Kawasan Candi Borobudur,Magelang, Jawa Tengah, pada Minggu 17 November 2019. Sehari menjelang race, digelar kegiatan lari bertajuk Friendship Run di Kawasan Budaya Candi Pawon, Magelang, Sabtu, 16 November 2019. Kegiatan lari santai ini diikuti 500 pelari dengan menempuh jarak 3,1 kilometer.

Friendship Run ini dimeriahkan oleh peserta Borobudur Marathon, masyarakat lokal, tamu undangan VIP dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, pihak sponsor, dan wisatawan mancanegara. Mereka berbaur menyemarakkan salah satu rangkaian acara Borobudur Marathon 2019.

Acara fun run mengambil rute dengan mengitari jalan-jalan perkampungan sekitar Candi Pawon, Magelang.



Sebelum bendera start dikibarkan, tarian tradisional Lima Gunung ditampilkan kepada peserta dan pengunjung. Penari Lima Gunung juga tampil antusias menyambut peserta saat di garis finis.

Ajang lari santai ini diselenggarakan untuk memberi kesempatan kepada wisatawan maupun warga lokal untuk menikmati panorama alam dan budaya sekitar Candi Pawon serta kenikmatan kuliner khas Magelang. Di lokasi lari tersedia berbagai macam kuliner lokal yang bisa dinikmati.

Arya, salah satu peserta Friendship Run mengaku senang dengan adanya acara ini. Dia tertarik untuk mencoba berbagai jenis kuliner Magelang. “Ini pengalaman pertama kali baru saya ikut Borobudur Marathon,” ujar Arya yang berasal dari Pangkalan Bun ini.

Direktur Bisnis Ritel dan Unit Usaha Syariah Bank Jateng Hana Wijaya mengatakan, Bank Jateng mendukung kegiatan Pasar Harmoni pada Friendship Run sebagai rangkaian Borobudur Marathon. “Kegiatan ini mampu mengangkat peran UKM sekaligus menyosialisasikan transaksi nontunai kepada warga,” ujarnya di lokasi acara.

Transaksi di lokasi kuliner ini memang dilakukan dengan nontunai. Menurutnya, Bank Jateng sebagai bank pembangunan juga berharap hadirnya event sekelas Borobudur Marathon bisa mendorong homestay atau penginapan di area sekitar Borobudur menerapkan standar yang lebih baik kepada peserta dan wisatawan yang hadir.

Borobudur Marathon 2019 akan diikuti 11.000 pelari, baik lokal maupun mancanegara. Ajang tahunan ini memperlombakan nomor Marathon (42 km), Half Marathon (21 km), 10 km dan 5 km.
(sha)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak