Kapan Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Lakoni Debut di Timnas Indonesia?

Minggu, 22 September 2024 - 16:50 WIB
loading...
Kapan Mees Hilgers dan...
Kapan Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Lakoni Debut di Timnas Indonesia?
A A A
JAKARTA - Kapan Mees Hilgers dan Eliano Reijnders akan menjalani debut bersama Timnas Indonesia? Pertanyaan itu dijawab Ketua Badan Tim Nasional (BTN) Sumardji.

Hilgers dan Eliano tinggal menjalani beberapa tahap lagi untuk bisa membela Timnas Indonesia. Diketahui, Presiden RI Joko Widodo telah menandatangani surat Keputusan Presiden (Keppres) terkait naturalisasi dua pemain keturunan itu.

Artinya, Hilgers dan Eliano hanya tinggal menjalani sumpah setia Warga Negara Indonesia (WNI). Kabarnya, proses sakral itu akan dilaksanakan di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Belanda pada Minggu (22/9/2024).


Jika semua prosesnya berjalan lancar dan tepat waktu, maka Hilgers dan Eliano kemungkinan akan melakoni debutnya saat Timnas Indonesia melanjutkan dua laga Grup C babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Di mana, Skuad Garuda akan melawan Bahrain pada 10 Oktober dan China pada 15 Oktober.

Sebab kata Sumardji, masih ada waktu untuk mendaftarkan Hilgers dan Eliano pada laga tersebut. Dijelaskan olehnya, batas pendaftaran pemain untuk matchday ketiga dan keempat Grup C baru ditutup pada 3 Oktober 2024.

“Ya mudah-mudahan,” kata Sumardji kepada wartawan di SUGBK pada Sabtu (21/9/2024).

“Kalau seperti apa yang disampaikan, tanggal 30 mereka disumpah, terus nanti proses administrasi, termasuk perpindahan federasi, selesai dalam 1-2 hari, berarti kan tanggal 3 (Oktober) bisa kami daftarkan," lanjutnya.

Terbukanya peluang untuk kedua pemain tampil membela Skuad Garuda tentu menjadi angin segar bagi Shin Tae-yong. Pasalnya, saat ini Timnas Indonesia membutuhkan amunisi tambahan, menyusul cederanya Sandy Walsh, hingga Jordi Amat yang sempat absen di dua laga sebelumnya.

Namun belakangan, Jordi Amat diketahui sudah melewati proses pulih cedera yang didapatinya saat membela Johor Darul Ta'zim di Liga Malaysia. Meski demikian, Sumardji belum dapat mengonfirmasi apakah eks pemain Swansea itu akan dipanggil oleh Shin Tae-yong atau tidak.

“Saya belum bisa pastikan,” tutup Sumardji.
(sto)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0911 seconds (0.1#10.140)