alexametrics

Kemenpora Siapkan Bonus Bagi Atlet Peraih Medali APG 2020 di Philipina

loading...
Kemenpora Siapkan Bonus Bagi Atlet Peraih Medali APG 2020 di Philipina
Menpora Zainudin Amali memberi sinyal bahwa atlet National Paralympic Committee (NPC) Indonesia yang meraih medali dalam ASEAN Para Games (APG) 2020 di Philipina bakal mendapat bonus. Foto: Sindonews/ary wahyu wibowo
A+ A-
SOLO - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali memberi sinyal bahwa atlet National Paralympic Committee (NPC) Indonesia yang meraih medali dalam ASEAN Para Games (APG) 2020 di Philipina bakal mendapat bonus. Meski belum menyampaikan nominal pasti, Menpora menyebut nilainya tak jauh berbeda dengan bonus yang diberikan saat APG sebelumnya.

“Saya kira kita ada aturannya, kita akan berikan sesuai apa yang sudah pernah,” kata Zainudin Amali kepada para wartawan di sela sela acara silaturahmi dengan pengurus dan atlet NPC Indonesia di Kota Solo, Rabu (20/11/2019).

Dirinya menekankan bahwa hal itu bukan yang utama. Pihaknya sangat menghargai semangat dan dedikasi para atlet. Perhatian dari pemerintah tentunya ada, dan telah diatur ketentuannya.



Menpora menegaskan bahwa semuanya tak boleh lebih atau kurang karena beresiko menimbulkan masalah. Sebab semuanya akan diaudit oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

“Saya tidak mau uang negara kita simpangkan. Jangan sampai,” tegasnya. Menpora menegaskan bahwa patokan nominal bonus masih sama dengan terdahulu.

Lebih jauh diungkapkan, pemerintah memberikan dukungan terhadap eksistensi NPC Indonesia, atlet, pelatih dan semua yang terlibat di dalamnya. Sehingga di Kemenpora ada aturan-aturan terkait bantuan untuk cabang olahraga. “Kedatangan saya lebih dari itu. Saya mau tahu persis seperti apa persiapan atlet paralympic dalam menghadapi kejuaraan di Philipina tahun 2020,” terangnya.

Pihaknya juga ingin mengetahui apa yang dirasakan, dipikirkan, dan diharapkan dari pemerintah. Sehingga pemerintah bisa tahu apa yang harus dilakukan. Jika pemerintah langsung membuat kebijakan tapi tidak cocok sebagaimana diinginkan NPC, atlet dan pelatih, maka tidak ada gunanya. Pihaknya ingin bersinergi bersama NPC agar menjadi program bersama.

Setelah meninjau pemusatan latihan atlet di Solo dan sekitarnya, pihaknya memiliki optimisme bahwa gelar juara umum dapat dipertahankan. “Semangat yang ada dari NPC, pelatih dan atlet, pemerintah punya rasa optimis kita bisa mempertahankan juara umum,” tegasnya.

Mempora juga memuji semangat para pengurus yang sangat luar biasa karena ada rasa pengorbanan, dan dedikasi yang tinggi.

Ketua NPC Indonesia Senny Marbun mengatakan, persiapan atlet telah dimulai sejak Mei 2019 lalu dan kini telah mencapai 98%. Para atlet siap berlaga di Philipina dengan semangat mempertahankan gelar juara umum.

“Motivasi kami bukan mencari duit. Tapi, mengharumkan nama bangsa dan negara. Mengangkat bendera merah putih di mancanegara,” tegas Senny Marbun.
(mir)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak