MotoGP Indonesia 2024: Jorge Martin Pole Position, Marc Marquez Kecelakaan

Sabtu, 28 September 2024 - 11:36 WIB
loading...
MotoGP Indonesia 2024:...
MotoGP Indonesia 2024: Jorge Martin Pole Position, Marc Marquez Kecelakaan. Foto: Crash
A A A
Sesi kualifikasi MotoGP Indonesia 2024 telah selesai dihelat selama 30 menit di Sirkuit Mandalika pada Sabtu (28/9/2024) pagi WIB. Hasilnya, Jorge Martin mengamankan pole position dengan waktu 1 menit 29,088 detik.

Sementara itu, posisi start di baris terdepan dilengkapi oleh Marco Bezzecchi dan Pedro Acosta. Lalu, Francesco Bagnaia dan Enea Bastianini memulai balapan dari urutan keempat dan kelima.

Nasib sial dialami Marc Marquez yang dua kali kecelakaan di sesi Kualifikasi 2 (Q2). Alhasil, dia tak bisa membukukan waktu dan bakal start dari posisi 12.

Jalannya Kualifikasi


Pada sesi Kualifikasi 1 (Q1) terjadi pertarungan sengi tantara Alex Rins, Raul Fernandez dan Alex Marquez. Ketiga rider tersebut silih berganti menghuni posisi teratas.

Akan tetapi, Johann Zarco dan Aleix Espargaro mulai mengintai di menit-menit akhir. Pada akhirnya, Zarco sukses mengamankan waktu tercepat di Q1 dengan catatan waktu 1 menit 29,995 detik. Dia lolos ke Q2 bersama Raul Fernandez yang berjarak 0,067 detik saja darinya.

Pada menit-menit awal, para rider masih terlihat bersiap-siap di garasi. Marc Marquez menjadi salah satu yang mengaspal paling awal di Q2.

Sayangnya, bintang Gresini Ducati itu mengalami kecelakaan saat menikung di Tikungan 15. Dia terjatuh dan terseret cukup jauh bersama motornya. Beruntung dia bisa langsung bangkit tanpa cedera.

Kecelakaan lainnya juga dialami oleh Enea Bastianini yang memulai Q2 sebagai yang tercepat. Dia jatuh dalam kecepatan rendan di Tikungan 16. Kedua insiden itu pun menghasilkan bendera kuning dikibarkan sehingga beberapa pembalap harus mengulang lap mereka karena lap yang sedang mereka lakukan terpaksa dibatalkan.

Setelah itu, Jorge Martin berhasil membukukan waktu tercepat dengan waktu 1 menit 29,088 detik. Dia unggul atas Quartararo dan juga Zarco.

Tiga menit jelang sesi berakhir, Martin belum tergeser. Namun, Pedro Acosta merangsek naik ke tempat kedua dengan selisih 0,583 detik diikuti oleh Francesco Bagnaia dan Bastianini.

Sedangkan Marquez yang belum mencatatkan waktu malah kembali mengalami insiden. Kali ini dia terjatuh di Tikungan 10 dengan cukup kencang.

Martinator -julukan Martin- pun tak terkalahkan hingga sesi kualifikasi berakhir. Sementara, posisi kedua dan ketiga diamankan Marco Bezzecchi dan Acosta.

Mereka start di depan duo Ducati Lenovo, Bagnaia dan Bastianini. Sementara Marquez gagal menghasilkan lap di sisa waktu yang ada sehingga bakal start dari urutan 12.
(sto)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0933 seconds (0.1#10.140)