alexametrics

SEA Games 2019

Preview Indonesia U-23 vs Laos U-23: Hari Penentuan

loading...
Preview Indonesia U-23 vs Laos U-23: Hari Penentuan
Timnas Indonesia U-23 harus bisa mengalahkan laos agar bisa melaju ke semifinal SEA Games 2019. Foto: ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/nz
A+ A-
MANILA - Kemenangan atas Timnas Laos U-23 menjadi harga mati bagi Timnas Indonesia U-23 jika masih ingin melaju ke semifinal SEA Games 2019. Tapi, disisi lain, Garuda Muda juga perlu bantuan dari Vietnam.

Ketatnya persaingan dipenyisihan Grup B membuat tim yang lolos ke babak gugur masih belum bisa ditentukan. Untuk sementara Vietnam berada di atas angin lantaran mengumpulkan 12 poin. Tapi, Indonesia dan Thailand juga masih berpeluang karena sama-sama meraih sembilan poin.

Ya, sukses melibas Brunei Darussalam 8-0 pada laga keempat membuka lagi kans Indonesia, yang sebelumnya kalah 1-2 dari Vietnam, melaju ke babak empat besar. Pasalnya, armada Indra Sjafri kini berada di posisi dua dan unggul produktivitas gol atas Thailand.



Hanya saja selisihnya sangat tipis. Saat ini Osvaldo Haay dkk mencetak 13 gol dan kemasukan dua kali, atau +11. Sedangkan pasukan Negeri Gajah Putih mendulang 12 gol dan kecolongan dua kali, atau +10. Itu masih bisa dipangkas pada laga penutup nanti.

Artinya, skuad Merah Putih bakal melenggang bila mampu mengalahkan Laos di Imus Grandstand, Imus, nanti malam. Itu juga dengan catatan Thailand tidak menang dengan skor besar saat melawan Vietnam di Binan Football Stadium, Binan, sore nanti.

Ada cara lain agar Indonesia lolos fase selanjutnya. Tapi, ini bisa dibilang mengandalkan keberuntungan. Indonesia tetap melaju walau bermain imbang dengan Laos. Syaratnya Thailand juga meraih hasil serupa.

Sekalipun tumbang dari Laos, Indonesia tetap bertahan asalkan Thailand menelan kekalahan lebih parah dari Vietnam. Tapi, skenario ini sangat sulit terjadi. Artinya, cara terbaik bagi Indonesia untuk melaju ke babak empat besar adalah menundukan Laos dengan mencetak gol sebanyak mungkin.

Terlebih peluang menjinakan Laos cukup terbuka. Sebab, selain lawan sudah dipastikan tersingkir, kualitasnya juga masih di bawah Indonesia. “Semoga kami bisa memenangkan laga itu dan lolos ke babak berikutnya," kata Indra kepada wartawan.

Selama mengikuti penyisihan Grup B, Laos terkesan sebagai sasaran tembak bagi dua rival Indonesia. Vietnam berhasil menundukkan Laos dengan skor 6-1. Sedangkan Thailand berhasil menyerangkan dua gol tanpa balas.

Namun, kewaspadaan tetap harus dijaga. Pasalnya, Laos sempat melumat Brunei 3-0, dan menahan Singapura tanpa gol. Mereka sempat pula membuat pendukung Thailand khawatir karena hingga menit ke-89 skor masih 0-0. Baru pada menit ke-90 dan ke-90+4 Suphanan Muenta berhasil mencetak gol.

Itu menjadi indikasi kalau Laos tetap tidak bisa diremehkan dan bisa saja nantinya membuat kejutan. "Bagi saya, tidak ada partai hidup mati di sepak bola. Paling penting mohon doa agar kami bisa menang," tambah Indra.

Itu sebabnya mantan pelatih Bali United tersebut mengaku bakal menurunkan skuad terbaik demi meraih poin penuh. Hanya saja, Indra sejauh ini belum pernah benar-benar menurunkan komposisi pemain yang sama persis dari partai pembuka sampai keempat.

Sampai saat ini yang terus merumput adalah Bagas Adi, Andy Setyo, Saddil Ramdani dan Asnawi Mangkualam Bahar. Sisanya harus bergiliran mengisi posisi starting line up, seperti Egy Maulana Vikri, Muhammad Rafli, Zulfiandi, Nadeo Argawinata dan Evan Dimas.
(mir)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak