alexametrics

Cabang-cabang Olahraga Terpopuler di Dunia

loading...
Cabang-cabang Olahraga Terpopuler di Dunia
Sejumlah cabang olahraga tercatat sebagai yang terpopuler di dunia. Indikatornya adalah jumlah penggemar olahraga tersebut. Ilustrasi/SINDOnews/Titus Jefika Heri Hendarmawan
A+ A-
SEJUMLAH cabang olahraga tercatat sebagai yang terpopuler di dunia. Indikatornya adalah jumlah penggemar olahraga tersebut. Setiap pertandingan ditonton jutaan penggemarnya.

1. Sepak Bola (Soccer/3,5 miliar*)

Cabang-cabang Olahraga Terpopuler di Dunia




Sepak Bola merupakan cabang olahraga yang paling populer di dunia dengan jumlah penggemar sekitar 3,5 miliar orang atau hampir setengah dari jumlah penduduk di dunia ini. Sepakbola terdiri dari 2 tim yang berlawanan dengan masing-masing tim memiliki 11 orang pemain.

2. Kriket (Cricket/2,5 miliar)

Cabang-cabang Olahraga Terpopuler di Dunia


Kriket memiliki penggemar sebanyak 2,5 miliar orang yang kebanyakan dari negara-negara persemakmuran Inggris seperti Inggris, India, Pakistan, Sri Lanka, Australia, Selandia Baru, Afrika Selatan dan Zimbabwe. Olahraga Kriket terdiri dari 2 tim yang masing-masing terdiri 11 orang pemain.

3. Hoki (Hockey/2 miliar)

Cabang-cabang Olahraga Terpopuler di Dunia


Hockey atau Hoki pada umumnya terdiri 3 jenis, yaitu Field Hockey yang bermain di lapangan outdoor, Indoor Hockey yang bermain di lapangan Indoor dan Ice Hockey yang bermain di lapangan Es. Jumlah Penggemar Hockey diperkirakan sebanyak 2 miliar orang kebanyakan dari negara-negara bekas koloni Inggris seperti India, Pakistan dan Australia. Hockey merupakan permainan dengan menggunakan stick (pemukul) dan bola dengan tujuan mencetak gol sebanyak mungkin.
4. Tenis (1 miliar)

Cabang-cabang Olahraga Terpopuler di Dunia


Tenis merupakan olahraga yang dimainkan oleh dua pemain (tunggal) atau dua pasangan (ganda) yang masing-masing terdiri dari dua pemain dengan menggunakan raket dan bola karet. Jumlah penggemar Tennis sekitar 1 miliar orang. Beberapa Turnamen Tennis yang terkenal di antaranya seperti Australian Open, US Open, Wimbledon dan French Open.

5. Bola Voli (Volley Ball/900 juta)

Cabang-cabang Olahraga Terpopuler di Dunia


Tim yang lebih dulu mencapai nilai (skor) 25 dinyatakan sebagai pemenang. Jumlah penggemar bola voli sebanyak 900 juta orang. Bola voli sangat digemari oleh penduduk di Brasil, Kuba, Filipina, Italia, Rusia, dan Singapura. Beberapa pemain bola voli yang terkenal di antaranya adalah Karch Kiraly, Logan Tom, Misty May-Treanor, dan Kerri Walsh-Jennings.

*jumlah penggemar

Total pendapatan pasar olahraga global (2005-2017)
1. 2005 USD46,5 miliar
2. 2009 USD58,4 miliar
3. 2012 USD78,2 miliar
4. 2013 USD76,1 miliar
5. 2017 USD90,9 miliar
(poe)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak