alexametrics

Rochy Putiray Bakal Jaring Pemain Baru Timnas U-15

loading...
Rochy Putiray Bakal Jaring Pemain Baru Timnas U-15
Timnas U-15 terus digembleng di Bandung sebelum berlaga di Ibercup Elite 2020 di Portugal, April 2020 nanti. Foto/SINDOnews/Agung Bakti Sarasa
A+ A-
BANDUNG - Pelatih Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola U-15, Rochy Putiray bakal menjaring pemain baru untuk melengkapi tim yang sudah terbangun jelang laga Ibercup Elite 2020 di Portugal, April 2020 mendatang.

Rochy mengatakan, pihaknya akan melakukan seleksi pemain tambahan untuk melengkapi squad timnas muda ini. Pasalnya, Timnas U-15 masih kekurangan pemain di beberapa lini, terutama penjaga gawang.

"Pencarian pemain tambahan ini akan dilakukan dari seluruh Indonesia Januari (2019) nanti," ungkap Rochy di sela-sela latihan Timnas U-15 di Lapangan Sesko TNI, Jalan RAA Marta Negara, Kota Bandung, Rabu (11/12/2019).



Selain penjaga gawang, Rochy menyebutkan, lini lain yang membutuhkan pemain baru, yakni sayap, striker, dan gelandang. Kehadiran pemain tambahan diharapkan mampu memaksimalkan kinerja timnas.

"Pemain yang dibutuhkan itu sayap dua kiri dan kanan. Striker saya sudah punya dua, namun perlu untuk pergantian. Gelandang bertahan sama bek kanan kiri perlu satu pemain tapi kakinya bisa kiri kanan," papar Rochy.

Selain mencari pemain tambahan, lanjut Rochy, pihaknya kini meningkatkan tensi latihan. Pasalnya, anak asuhannya itu akan menghadapi libur natal dan tahun baru. Pihaknya tak menginginkan kondisi anak asuhnya kendor usai menjalani liburan.

"Sekarang tensi latihan ditinggikan untuk menutupi nanti pada saat libur. Jadi, ketika mereka kembali kondisinya tidak terlalu kendor," ujarnya.

"Dalam waktu tiga bulan ke depan, masih ada waktu untuk mengejar ketertinggalan latihan pascaliburan dan intensitas latihan akan terus dinaikan dari awal tahun hingga menjelang laga Arpil mendatang," sambung Rochy.

Diketahui, sejak 22 November 2019 lalu, Timnas U-15 melakukan pemusatan latihan di Bandung yang didukung penuh TNI. Setelah sebelumnya menggunakan Lapangan Sesko Angkatan Darat (Seskoad) di Jalan Gatot Subroto, Kota Bandung, Timnas U-15 juga menggunakan Lapangan Sesko TNI.

Rochy tak menampik jika pemusatan latihan di lingkungan TNI juga sekaligus untuk membentuk mental dan kedisiplinan Timnas U-15 yang berasal dari seluruh Indonesia itu, selain meningkatkan kemampuan skil individu dan kekompakam tim.

"Terkait fasilitas lapangan sangat baik. Selain di Sesko TNI, fasilitas latihan di Seskoad juga sangat baik dan cukup untuk latihan. Belum lagi kami sedang merenovasi lapangan yang ada di Batununggal. Saya rasa untuk fasilitas sudah cukup," katanya seraya berterima kasih kepada pihak TNI yang selama ini memberikan dukungan penuhnya bagi Timnas U-15.

Manager Timnas U-15 Ray Manurung menambahkan, pihaknya terus mematangkan persiapan jelang laga Elite 2020 di Portugal. Bukan hanya dalam tataran skill, namun juga disiplin, mental, dan sikap Timnas U-15.

"Artinya, di sini kami menekankan para pemain, selain tampil baik di lapangan, kami juga melarang ada protes keras pada saat bertanding karena itu menunjukan kualitas sikap pemain, untuk protes ada jalurnya sendiri," jelasnya.

Sementara itu, Dankorsis Sesko TNI Brigjen TNI Marinir Bambang Sutrisno menyatakan, mendukung penuh perjuangan Timnas U-15 untuk berlaga di ajang sepak bola internasional itu. Sebagai wujud dukungan, pihaknya mempersilakan semua fasilitas di Sesko TNI untuk digunakan Timnas U-15.

"Kami memberikan dukungan penuh, baik moralitas maupun materil karena secara kesulurahan kami sangat mendukung tim yang akan membawa nama harum Indonesia ini," tegasnya.

Bambang pun berharap, Timnas U-15 terus meningkatkan porsi latihan dan digembleng lebih keras lagi, baik fisik maupun mentalnya, agar meraih prestasi terbaik di Ibercup Elite 2020 di Portugal.

"Saya harap, U-15 ini bisa berhelat di laga kelas dunia karena sepak bola ini adalah olahraga rakyat, yang menunjukan kemajuan suatu negara," katanya.

Diketahui, Timnas U-15 berhak mengikuti Ibercup Elite 2020 karena mampu meraih juara ketiga pada Ibercup Elite 2019 yang juga digelar di Portugal. Tim besutan mantan pemain Persija Jakarta itu meraih capaian tersebut setelah mengalahkan perwakilan dari Spanyol, Portugal, Perancis, dan Amerika.

Di Ibercup Elite 2019, Timnas U-15 bakal menghadapi tim dengan kualitas yang jauh lebih baik karena mereka berasal dari akademi klub-klub besar dunia, seperti Manchester United, Real Madrid, dan Barcelona.
(sha)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak