alexametrics

Liga Inggris 2019/2020

Sudah Tua, Apa Alasan James Milner Dipertahankan Liverpool?

loading...
Sudah Tua, Apa Alasan James Milner Dipertahankan Liverpool?
James Milner, 33 tahun, baru perpanjang kontrak di Liverpool. Sebagai tim yang ambisius, apa alasan The Reds memperpanjang kontrak pemain tua? Foto: Reuters/Kolase-SINDOnews
A+ A-
LIVERPOOL - James Milner, 33 tahun, baru saja memperpanjang kontrak bersama Liverpool. Sebagai tim yang sedang berkembang dan ambisius, kira-kira apa alasan The Reds mempertahankan pemain yang sudah tidak muda?

Keputusan Liverpool memperpanjang kontrak Milner selama dua musim ke depan diumumkan lewat laman resmi klub, Jumat (13/12/2019) lalu. Dalam laman yang sama, Milner mengaku bahagia masih diberikan kesempatan tampil bersama juara bertahan Liga Champions tersebut.

"Saya beruntung bisa bermain di klub ini (Liverpool, red) selama empat setengah tahun sekarang. Ini merupakan waktu yang menaklubkan, melihat bagaimana klub berubah dan berkembang," kata Milner.



Milner yang beroperasi sebagai midfielder sebetulnya bukan tidak punya saingan. Saat ini Liverpool memiliki beberapa pemain yang setipe dengan Milner, tentu dengan usia yang lebih muda.

Di lini tengah, The Reds masih memilik Jordan Henderson (29 tahun), Alex Oxlade-Chamberlain (26 tahun), Fabinho (26 tahun), Xherdan Shaqiri (28 tahun), Gini Wijnaldum (29 tahun) dan Naby Keita (24 tahun). Si Merah juga tengah mempersiapkan gelandang 16 tahun Harvey Elliott untuk promosi ke tim utama.

Lantas, apa pertimbangan Liverpool mempertahankan Milner? Menurut laporan media di Inggris, Milner dipertahankan Liverpool dengan alasan fleksibilitas. Sang pemain memiliki kemampuan tampil di luar posisinya.

Beberapa kali Liverpool merotasi Milner untuk bermain di luar posisi gelandang. Misalnya sayap, dan bek sayap (kanan) dan hasilnya cukup memuaskan.

Milner juga sering dipercaya menjadi algojo penalti Liverpool. Menurut statistik yang dimuat laman resmi Premier League, dari 54 gol yang ia cetak, 16 di antaranya lahir dari titik putih. Bisa dibilang, Milner sama baiknya dalam membantu serangan serta bertahan. Perhatikan tabel di bawah ini:

Statistik Serangan (James Milner)
Goals54
Goals per match0.1
Headed goals1
Goals with right foot37
Goals with left foot8
Penalties scored16
Freekicks scored4
Shots493
Shots on target149
Shooting accuracy %30%
Hit woodwork7
Big chances missed14
Statistik Bertahan (James Milner)
Tackles795
Tackle success %77%
Blocked shots174
Interceptions432
Clearances413
Headed Clearance120
Recoveries1,718
Duels won1,813
Duels lost2,202
Successful 50/50s306
Aerial battles won329
Aerial battles lost510
Errors leading to goal2
(Sumber Tabel: Premier League)
(sha)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak