alexametrics

La Liga Spanyol 2019/2020

Barcelona Gagal Menang, Valverde Enggan Perdebatkan Soal VAR

loading...
Barcelona Gagal Menang, Valverde Enggan Perdebatkan Soal VAR
Ernesto Valvede enggan mendebatkan soal VAR yang terus mengundang kontroversi hasil imbang Barcelona vs Real Sociedad. Foto : Reuters
A+ A-
SAN SEBASTIAN - Pelatih Barcelona Ernesto Valverde enggan berdebat soal kepemimpinan wasit Antonio Alberola Rojas yang memberikan tendangan penalti buat Real Sociedad. Hasil imbang 2-2 saat melakoni laga tandang bisa diterima Valverde dengan lapang dada.

Tampil di Stadion Anoeta, Sabtu (14/12/2019) malam WIB, Barcelona mendapatkan tekanan sejak awal pertandingan dari Sociedad. Bahkan di menit 11, tuan rumah berhasil unggul lebih dulu melalui tendangan penalti yang di eksekusi Mikel Oyarzabal. (Baca juga : Drama 4 Gol di Anoeta, Barcelona Gagal Menjauh dari Real Madrid)

Gol inilah yang menjadi perdebatan. Pasalnya, wasit untuk memutuskan hukuman itu harus melaui VAR menyusul pelanggaran yang dilakukan Sergio Busquets terhadap Diego Llorente. Busquets sendiri tak terima dengan keputusan wasit tersebut karena merasa dirinya tidak melakukan tindakan apa-apa.



Sialnya, pemain Barcelona merasa Rojas telah merugikan timnya setelah tidak melihat VAR ketika Llorente karena melakukan pelanggaran serupa terhadap Gerard Pique di kotak penalti. Inilah yang memicu perdebatan hingga ke ruang jumpa pers.

Valverde yang diminta komentarnya mengenai kontroversi tersebut mengatakan dirinya bukan wasit. "Jadi saya tidak tahu apakah itu penalti (untuk Llorente)," katanya dilansir Marca.

"Para pemain diberitahu tentang menarik jersey di dalam kotak, jadi insiden ini harus sangat jelas untuk memberikan penalti. Adapun situasi dengan Pique, itu adalah keputusan wasit."

Meskipun Valverde memilih untuk tetap netral pada keputusan Rojas untuk tidak memberikan tendangan penalti, ternyata pendapat berbeda dilontarkan Busquets dan Frenkie De Jong.

"Insiden Pique adalah hukuman yang lebih jelas daripada yang saya lakukan. Kontroversi selalu menjadi faktor dalam sepak bola, tetapi jika ini adalah benar-benar terjadi kontak di dalam kotak, maka itu akan sulit untuk dipertahankan," kata Busquets.

"Saya tidak tahu mengapa VAR tidak melakukan intervensi ketika pelanggaran terhadap Pique. Mereka harus bertindak dalam situasi ini," imbuh Busquets.

Sementara De Jong menyatakan bahwa jika pelanggaran Llorente adalah penalti, maka Pique seharusnya dianugerahi penalti juga. Atau setidaknya wasit melihat VAR terlebih dulu.
(bbk)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak