3 Alasan Asnawi Mangkualam Kurang Layak Jadi Kapten Timnas Indonesia

Rabu, 16 Oktober 2024 - 18:08 WIB
loading...
3 Alasan Asnawi Mangkualam...
Asnawi Mangkualam yang ditunjuk sebagai kapten dalam laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia antara Indonesia vs China menuai banyak kritik dari warganet / Foto: MANGKUALAM (@asnawi_bhr)
A A A
Asnawi Mangkualam yang ditunjuk sebagai kapten dalam laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia antara Indonesia vs China menuai banyak kritik dari warganet. Terlebih setelah dirinya dinilai tampil kurang baik dalam laga tersebut.

Nama Asnawi Mangkualam akhirnya kembali muncul dalam skuad utama Timnas Indonesia ketika bertandang ke China. Tidak tanggung-tanggung, ban kapten yang pada tiga laga sebelumnya berada di lengan Jay Idzes juga akhirnya kembali padanya.

Sayangnya kepercayaan besar tersebut gagal dibayar tuntas setelah Timnas Indonesia takluk juru kunci di grup C, 2-1. Ini menjadi kekalahan pertama Tim Garuda di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.



Dalam laga tersebut, tim Merah Putih memang seakan buntu di lini depan karena tidak ada suplai bola yang bagus dari lini tengah. Hal ini membuat banyak orang mengkritik kebijakan Shin Tae yong yang merotasi pemain secara masif di laga ini.

Tidak hanya itu, Asnawi Mangkualam yang menjadi kapten di laga tersebut juga menjadi pusat perhatian. Bahkan banyak warganet yang menyebut jika sebaiknya ban kapten tetap berada di tangan Bang Jay.


3 Alasan Asnawi Mangkualam Kurang Layak jadi Kapten

1. Bermain Biasa-Biasa Saja


Secara keseluruhan permainan Asnawi bersama timnas Indonesia sebenarnya terkesan biasa-biasa saja. Bahkan dirinya kerap kehilangan bola jika sudah mencapai wilayah pertahanan lawan.

Ketika melawan China, pemain berusia 25 tahun tersebut dinilai kurang memiliki kontribusi terhadap tim. Pergerakannya di sisi kiri seakan tidak dapat memberikan ancaman berarti pada lini belakang musuh.

Sementara dari sisi pertahanan, dirinya kerap terlambat turun dan memiliki jarak yang sangat jauh dengan bek tengan sebelah kanan milik Timnas Indonesia, Mees Hilgers.


2. Kurang Punya Pengaruh Terhadap Tim


Karena permainannya yang kurang menonjol inilah yang membuat Asnawi tidak membuahkan pengaruh positif terhadap keseluruhan tim. Mengingat kapten pada dasarnya adalah komando utama yang dapat dan mampu tampil di posisinya dengan baik.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1074 seconds (0.1#10.140)