Firmino Bantu Liverpool Juarai Piala Dunia Antarklub

Minggu, 22 Desember 2019 - 03:31 WIB
Firmino Bantu Liverpool Juarai Piala Dunia Antarklub
Firmino Bantu Liverpool Juarai Piala Dunia Antarklub
A A A
DOHA - Harapan Liverpool untuk menjuarai Piala Dunia Antarklub akhirnya terwujud. Walau harus berjuang hingga perpanjangan waktu, The Reds bisa mengalahkan Flamengo 1-0 pada partai final di Khalifa International Stadium, Minggu (22/12).

Tidak banyak gol yang tercipta pada duel yang mempertemukan jawara Liga Champions Eropa dengan kampiun Copa Libertadores tersebut. Pada babak pertama, Liverpool dan Flamengo harus mengakhiri laga dengan hasil kaca mata.

Hal serupa terjadi di babak kedua. Wakil Inggris dan Brasil itu belum juga bisa memecah kebuntuan. Alhasil, hingga 90 menit waktu reguler berakhir, kedudukan tetap 0-0. Ini membuat laga dilanjutkan ke perpanjangan waktu.

Di babak ini peruntungan Liverpool mulai membaik. Berkat buah kesabaran, Si Merah bisa menjebol gawang Flamengo setelah Roberto Firmino memaksimalkan umpan Sadio Mane pada menit ke-99. Alhasil, Si Merah unggul 1-0.

Bukan berarti, Liverpool tidak mendapat perlawanan lagi dari Flamengo. Meski tidak terlalu gencar, tim asuhan Jorge Jesus bisa melancarkan sejumlah serangan. Namun, tidak ada yang berbuah gol. Itu termasuk pada menit ke-119.

Saat itu, Lincoln Correa dos Santos yang turun pada menit ke-102 menggantikan Gerson Da Silva mendapat bola di kotak penalti dan sudah di depan gawang. Namun, bola sepakannya malah terlalu tinggi. Alhasil, Liverpool tetap menjaga keunggulan 1-0 hingga peluit panjang berbunyi.

Berkat kemenangan ini, Liverpool berhasil menjuarai Piala Dunia Antarklub untuk pertama kalinya dari empat final. Ini juga menjadi balas dendam yang sempurna. Pasalnya, mereka pernah kalah 0-3 pada final edisi 1981 ketika masih bernama Intercontinental Cup.

Dengan demikian, Liverpool menjadi klub Liga Primer kedua yang memenangi Piala Dunia Antarklub. Mohamed Salah dkk menginguti jejak Manchester United (MU) pada 2008 yang berjaya setelah mengalahkan LDU Quito 1-0.

Ini juga menjadi gelar kedua Liverpool pada musim ini. Sebelumnya mereka juga sukses memenangi Piala Super Eropa setelah mengalahkan Chelsea lewat adu penalti. Selanjutnya, mereka masih punya peluang menambah tiga gelar lagi yakni Liga Primer, PIala FA dan Liga Champions.
(mir)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6950 seconds (0.1#10.140)