Hitung-hitungan Peluang Timnas Indonesia Lolos Langsung ke Piala Dunia 2026 Dampingi Jepang, Ada Kesempatan?

Rabu, 23 Oktober 2024 - 11:07 WIB
loading...
Hitung-hitungan Peluang...
Peluang Timnas Indonesia lolos ke Piala Dunia 2026 belum sepenuhnya tertutup usai dikalahkan China beberapa waktu lalu / Foto: PSSI
A A A
Peluang Timnas Indonesia lolos ke Piala Dunia 2026 belum sepenuhnya tertutup usai dikalahkan China beberapa waktu lalu. Bahkan, masih ada potensi bagi skuad asuhan Shin Tae-yong untuk lolos langsung mendampingi Timnas Jepang sebagai runner up.

Setelah melalui empat pertandingan di Grup C babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, Timnas Indonesia tertahan di posisi kelima dengan koleksi tiga poin. Skuad Garuda masih memiliki sisa enam pertandingan yang wajib dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk mendulang tambahan poin dan menjaga asa lolos ke Piala Dunia.

Meski belum pernah meraih kemenangan, faktanya peluang Timnas Indonesia untuk lolos masih terbuka. Sebab, jarak poin antara skuad Garuda dengan beberapa tim di atasnya masih terbilang dekat, terkecuali Jepang yang memimpin di urutan teratas dengan koleksi 10 poin.


Peluang Timnas Indonesia Lolos Piala Dunia 2026 Dampingi Jepang sebagai Runner Up

Kendati akses menuju Piala Dunia 2026 masih terbuka, namun perjalanan Timnas Indonesia menemui banyak rintangan. Dengan bekal tiga poin dikantongi sekarang, skuad asuhan Shin Tae-yong butuh setidaknya 7-10 poin tambahan untuk finis di dua besar dan lolos langsung ke Piala Dunia 2026 mendampingi Jepang.

Target kemenangan paling realistis adalah dua laga kandang melawan Bahrain dan China. Sementara sisanya, Timnas Indonesia setidaknya bisa menahan imbang Arab Saudi serta mencuri poin dari Australia.

Namun, skema lolos sebagai runner up di atas juga mengharuskan pesaing lain seperti Arab Saudi dan Australia terpeleset setidaknya untuk beberapa laga. Jika hal ini benar terjadi, maka ada peluang bagi Timnas Indonesia untuk lolos langsung tanpa harus mengikuti babak kualifikasi selanjutnya.




Skema Lolos Selain Jalur Runner Up

Terlepas dari itu, apabila Timnas Indonesia tidak mampu finis di dua besar, sebenarnya masih ada kesempatan lolos ke ronde keempat, yakni dengan finis di peringkat tiga atau peringkat empat. Target ini dianggap paling realistis melihat kondisi yang ada sekarang.

Jika sampai ronde keempat, skuad Garuda akan bertarung dengan enam negara yang finis di posisi tiga atau empat babak ketiga kualifikasi. Selanjutnya, total enam negara peserta babak keempat akan diundi ke dalam dua grup yang masing-masing berisi tiga negara.

Timnas Indonesia akan menghadapi dua pertandingan di ronde keempat yang akan dilakukan di tempat netral. Jika Timnas Indonesia mampu menjadi juara grup di babak keempat, skuad Garuda merebut tiket lolos ke Piala Dunia 2026.

Akan tetapi, jika Asnawi dkk hanya bisa menjadi runner-up, Timnas Indonesia akan bertarung lagi di ronde kelima Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Di sini, mereka bakal melawan tim lain yang menjadi runner-up grup di babak keempat sebelumnya.

Pertandingan akan digelar dalam dua leg untuk memperebutkan satu tiket playoff antarkonfederasi. Jika lolos, Timnas Indonesia akan menghadapi wakil Afrika, Amerika Selatan, Oseania, dan 2 wakil Amerika Utara dan Tengah.

Nah, di sini Timnas Indonesia wajib menang playoff antarkonfederasi agar lolos ke Piala Dunia 2026.
(yov)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0673 seconds (0.1#10.140)