2019, Tahun Emas Roberto Firmino

Selasa, 24 Desember 2019 - 06:01 WIB
2019, Tahun Emas Roberto Firmino
2019, Tahun Emas Roberto Firmino
A A A
LIVERPOOL - Tak berlebihan jika menyebut tahun 2019 sebagai salah satu puncak karier Roberto Firmino. Sebab, penyerang Liverpool asal Brasil memborong empat trofi besar sepanjang tahun ini.

Trofi besar pertama Firmino bersama Liverpool didapat di ajang Liga Champions. Tapatnya pada 1 Juni 2019, Firmino membantu The Reds memenangkan trofi Si Kuping Besar setelah mengalahkan Tottenham Hotspur di Wanda Metropolitano, Madrid, Spanyol.

Satu bulan setelahnya, penyerang 28 tahun asal Brasil membantu negaranya menjuarai Copa America yang digelar di Stadion Maracana, Rio de Jeneiro. Trofi tersebut berhasil dimenangkan setelah Brasil mengalahkan Peru dengan skor 3-1 pada partai final, 7 Juli 2019.

Tidak berhenti sampai di situ. Firmino kembali mengangkat trofi besar setelah membantu Liverpool mengalahkan Chelsea di Piala Super Eropa yang berlangsung di Vodafone Park, Istanbul, Turki. Gelar tersebut datang tepatnya pada 15 Agustus 2019.
Jejak Prestasi Roberto Firmino di Tahun 2019
Klub/Timnas Gelar atau Trofi
1 Juni 2019
LiverpoolLiga Champions
7 Juli 2019
Timnas BrasilCopa America
15 Agustus 2019
Liverpool
Piala Super Eropa
22 Desember 2019
LiverpoolPiala Dunia Antarklub

Kecemerlangan karier Firmino musim ini ditutup oleh gelar Piala Dunia Antarklub yang berlangsung di Doha, Qatar, Minggu (22/12/2019) lalu. Menghadapi Flamengo di laga puncak, Firmino jadi penentu kemenangan Liverpool setelah mencetak gol tunggal di babak tambahan.

Melihat penampilan itu, mantan kapten Barcelona, Xavi Hernandez, meyakini Firmino bakal menjadi kunci bagi Liverpool menyelesaikan Liga Inggris musim ini. Jika penampilannya stabil, Xavi yakin Firmino bisa membantu The Reds memenangkan gelar Premier League musim ini.

Xavi juga menyebut bahwa Firmino tumbuh lantaran kerja sama yang sukses dibangun dan melibatkan Mohamed Salah-Sadio Mane. Ketiganya membuat lini depan Liverpool menjelma sebagai kekuatan yang sangat diperhitungkan lawan.

"Liverpool memang tim terbaik di turnamen itu, dan mereka pantas memenangkan gelar. Mereka adalah salah satu tim terbaik di dunia dan memainkan permainan bagus karena Mohamed Salah, Sadio Mane, dan Firmino," kata Xavi.
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7400 seconds (0.1#10.140)