alexametrics

LaLiga Spanyol 2019/2020

Deretan Angka Ernesto Valverde Usai Dipecat Barcelona

loading...
Deretan Angka Ernesto Valverde Usai Dipecat Barcelona
Ernesto Valverde meninggalkan sejumlah prestasi usai dipecat Barcelona. Foto : Reuters
A+ A-
BARCELONA - Manajemen Barcelona telah resmi menunjuk Quique Setien sebagai pelatih baru setelah memecat Ernesto Valverde. Menukangi Blaugrana sejak 2017, Valverde harus menerima kenyataan pahit didepak sebelum kontraknya berakhir. (Baca juga : Pecat Valverde, Barcelona Tunjuk Quique Setien Sebagai Pengganti)

Valverde meninggalkan Camp Nou setelah membawa Barcelona di puncak klasemen LaLiga Spanyol dalam 19 pertandingan. Sayangnya capaian ini tak dilihat manajemen. Valverde tetap dianggap tak layak lagi melatih Lionel Messi Cs. (Baca juga : Valverde Pelatih Pertama Barcelona yang Dipecat dalam 17 Tahun)

Meski keputusan sudah dijatuhkan, seperti dikutip Onefootball, Selasa (14/1/2020), ada deretan angka yang sudah dibuat Valverde selama berkarier di Barcelona berdasarkan Opta. (Baca juga : Ini Lima Pertandingan yang Jadi Alasan Valverde Dipecat Barcelona)



Rasio Kemenangan 69,5 persen
Valverde mengambil alih 95 pertandingan LaLiga sebagai pelatih Barca. Ia memenangkan 66 pertandingan, imbang 22 kali dan hanya tujuh kali kalah. Rasio kemenangan 69,5 persen adalah capaian terbaik kelima dalam sejarah klub. Sementara Tito Vilanova berada di posisi pertama dengan rasio kemenangan 92,10 persen.

97 Kemenangan
Sepanjang kariernya di Barcelona ia sudah meraih 97 kali kemenangan di semua kompetisi. Ia sebenarnya butuh tiga kemenangan lagi untuk menggenapinya menjadi kemenangan ke-100.

36 Pertandingan Tak Terkalahkan
Valverde mengawali tugasnya sangat baik setelah meraih 36 kemenangan pertamanya di LaLiga. Catatan jadi rekor pelatih baru yang mendapatkan kemenangan terbanyak di liga.

43 Pertandingan Tak Terkalahkan
Valverde terus menambah rekor kemenangannya bersama Barcelona. Bahkan ia berhasil memecahkan catatan yang sebelumnya dipegang Luis Enrique. Sebanyak 43 kemenangan sukses diberikan Valverde.

Memberikan 4 Gelar
Valverde mengantarkan empat gelar ke rak trofi Barcelona. Trofi tersebut adalah gelar LaLiga (2017-18 dan 2018-19), Copa del Rey dan Piala Super Spanyol 2018.

Memenangkan 213 Pertandingan
Sepanjang kariernya sebagai pelatih di Athletic Bilbao, Valencia dan Villarreal, Valverde telah memenangkan 213 pertandingan LaLiga. Ia masuk di posisi kelima pelatih dengan catatan kemenangan terbanyak. Ada pun posisi pertama masih pegang Luis Aragones (344 pertandingan).

9 Kali Mengalahkan Real Madrid
Mengalahkan Real Madrid jadi kebanggaan pelatih di LaLiga. Semua itu sudah dirasakan Valverde dengan keberhasilan sembilan kali mengalahkan rival abadinya itu.

Skor 0-3 dan 0-4
Ketidakmampuan Valverde untuk mengantarkan kesuksesan Liga Champions diyakini berada di belakang keputusan untuk memecatnya. Barcelona mengalahkan Roma 4-1 dan Liverpool 3-0 di kandang pada laga kandang selama dua musim. Sayangnya di leg kedua, Barcelona tumbang di kandang lawan.

Messi Cetak 112 Gol
Tidak mengherankan, Lionel Messi telah menjadi pemain penyerang paling produktif di bawah Valverde. Iasukses mencetak 112 gol dan memberikan 46 assist untuk 158 keterlibatan gol. Messi terlibat dalam 47,9 persen dari 238 gol LaLiga Barcelona di bawah Valverde.
(bbk)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak