alexametrics

La Liga Spanyol 2019/2020

Fans Cruyff Dukung Setien, Dipercaya Kembalikan Muruah Sepak Bola Indah Barcelona

loading...
Fans Cruyff Dukung Setien, Dipercaya Kembalikan Muruah Sepak Bola Indah Barcelona
Penunjukan Quique Setien sebagai pelatih anyar Barcelona mendapat dukungan dari para fans almarhum Johan Cruyff/Foto/Twitter/Johan Cruyff
A+ A-
BARCELONA - Penunjukan Quique Setien sebagai pelatih anyar Barcelona mendapat dukungan dari para fans almarhum Johan Cruyff. Setien dinilai cocok menangani Barcelona yang memecat Ernesto Valverde, Senin (13/1/2020).

Setien diakui sebagai penggemar Johan Cruyff dan diakui oleh para Cruyffista (fans berat Cruyff). Bahkan, Setien pernah mendapat 'Entrenador mas Cruyffista' atau pelatih paling Cruyff pada 2008.Cruyff yang meninggal dunia pada 24 Maret 2016 merupakan peletak dasar permainan indah di Barcelona. Akun Twitter resmi Cruyff masih dikelola oleh mereka yang menjaga warisannya. (Baca juga: Pecat Valverde, Barcelona Tunjuk Quique Setien Sebagai Pengganti).
"Pelatih paling Cruyyf 2008, kini bergabung dengan tim Cruyff. Semoga sukses di@FCBarcelona, Quique Setien!" demikian kicau admin Twitter Johan Cruyff.

Setien merupakan murid Johan Cruyff yang mengaku akan mencoba dan memulihkan identitas klub raksasa Katalan tersebut. Bagi fans yang menginginkan suara kuat di ruang ganti yang didominasi oleh pemain-pemain terkenal, mungkin Setien dinilai kurang tepat menggantikan Valverde, tapi para pendukung yang merasa klub telah kehilangan identitasnya akan senang dengan penunjukan tersebut.

Menurut Daily Mail, sebelum melatih Real Betis, Setien menangani Las Palmas di mana dia pernah mengucap kalimat yang mengagungkan Cruyff. “Saya tidak pernah benar-benar memahami pertandingan sampai saya melihat permainan Barcelona dari Cruyff. Pertama kali itu terjadi itu membuka dunia baru bagi saya," katanya.



"Saya mulai mengerti bahwa sepak bola adalah hal yang kolektif, dan bahwa asosiasi antarpemain berarti Anda harus menjaga bola sepanjang pertandingan."

Setien akan diperkenalkan Barcelona, Selasa (14/1/2020), di Auditori 1899 pada konferensi pers yang dijadwalkan pukul 14.30 waktu setempat, sebelum menandatangani kontrak yang akan bergabung dengan Barca sampai 30 Juni 2022 dan menjalani sesi foto di rumput Camp Nou.

Barcelona merekrut mantan bos Real Betis itu setelah pertemuan krisis dengan Presiden Josep Maria Bartomeu. Ini adalah kejadian yang sangat tidak biasa, mengingat Barcelona belum pernah memecat seorang manajer di pertengahan musim sejak Louis van Gaal 17 tahun lalu.

Setien dipercaya akan mengembangkan permainan dengan mengandalkan tiga bek. Dalam beberapa tahun terakhir, ini hanya digunakan pada waktu yang sangat spesifik, seperti saat comeback mengejutkan Barcelona 6-1 saat menyingkirkan Paris Saint-Germain (PSG) di Liga Champions.

Semangat untuk sepak bola menyerang muncul kembali di Barcelona, dan Setien adalah pelatih terakhir yang mengalahkan Blaugrana di Estadi pada 11 November 2018 dengan Real Betis.
(sha)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak