Karier Pesepak Bola Ini Tetap Bersinar di Kepala Tiga

loading...
Karier Pesepak Bola Ini Tetap Bersinar di Kepala Tiga
Foto/dok
MUNICH - Siklus “hidup” pemain sepak bola mulai berubah. Jika dulu usia 30 dianggap sebagai akhir atau menjelang senja kala dari karier mereka, sekarang pandangan tersebut harus diubah. Tak sedikit pemain tetap bersinar dan panen gelar saat usia di atas kepala tiga.

Cristiano Ronaldo, Lionel Messi, Robert Lewandowski, Sergio Ramos, David Silva, Zlatan Ibrahimovic, Karim Benzema, dan banyak lagi pemain yang tetap menjadi andalan di klubnya. Mereka rutin tampil sebagai starter dan tetap berkontribusi gelar pada klubnya. (Baca: Indonesia Panaskan Perang Drone Militer Masa Depan)

Lihat saja Bayern Muenchen. Juara Liga Champions dan Bundesliga itu mengandalkan pemain di atas 30-an. Di bawah komando pelatih Hans-Dieter Flick, para pemain Bayern memang telah mengalami transformasi besar-besaran dalam hal tingkat kebugaran tubuh.

Manuel Neuer dkk terlihat seperti sekelompok gladiator dari Roma kuno yang siap melompat ke Colosseum dan menghancurkan lawan mereka. Hebatnya, tumpuan permainan ofensif Bayern adalah Robert Lewandowski. Meski telah menginjak 32 tahun, penyerang Polandia itu justru berada pada performa terbaiknya. Torehan 55 gol dari 47 penampilan di semua kompetisi.



Itu bukan hanya merupakan jumlah gol tertinggi dalam tujuh musimnya bersama Bayern, tetapi juga menjadikannya sebagai penyerang tersubur di tiga ajang berbeda, yakni Bundesliga Jerman, DFB Pokal, dan Liga Champions. Di Bundesliga, Lewandowski mengemas 34 gol dalam 31 penampilannya. Enam gol ditorehkan di kancah DFB Pokal dalam lima pertandingan dan 15 gol dalam 10 pertandingan di Liga Champions.

Torehan fantastis membuat Lewandowski menjadi favorit untuk dinobatkan sebagai pemain terbaik dunia (Ballon d’Or). Sayangnya, itu urung terjadi karena pihak penyelenggara France Football mengonfirmasi pada Juli bahwa trofi tersebut tidak akan diberikan karena situasi kurang kondusif akibat pandemi Covid-19.

“Kami memenangkan semua yang kami bisa dengan Bayern musim 2019/20. Di Bundesliga, DFB Pokal, dan Liga Champions, saya adalah pencetak gol terbanyak. Saya pikir, seorang pemain yang mencapai semua itu akan memenangkan Ballon d'Or,” kata Lewandowski dilansir bundesliga.com. (Baca juga: NGamuk di Acara Agustusan, 22 Anggota Ormas Dibekuk)



Impresifnya kinerja Lewandowski di usia yang tidak lagi muda bukan tanpa sebab. Seperti diketahui, dia memang sangat memperhatikan kebugaran fisiknya. menjaga tingkat kebugarannya sangat tinggi dengan rencana diet yang dirancang cermat oleh ahli gizi terkenal, Anna yang merupakan istrinya. Gaya hidup sehat plus bantuan tim kebugaran Bayern membantu Lewandowski mencapai tingkat kesehatan dan kekuatan mumpuni.
halaman ke-1 dari 3
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video
Top