Set per Set Novak Djokovic Kalahkan Dominic Thiem di Final

Minggu, 02 Februari 2020 - 21:46 WIB
Set per Set Novak Djokovic Kalahkan Dominic Thiem di Final
Set per Set Novak Djokovic Kalahkan Dominic Thiem di Final
A A A
MELBOURNE - Novak Djokovic merebut gelar Australia Terbuka kedelapan setelah mengalahkan unggulan kelima asal Austria Dominic Thiem dalam lima set 6-4, 4-6, 2-6, 6-3, 6-4 dalam final yang berlangsung empat jam. Bagaimana Djokovic juara? Berikut set per set jalannya final di Rod Laver Arena.

Set pertama

Djokovic dengan cepat menempatkan Thiem di bawah tekanan dengan unggul 3-0. Thiem sempat memperkecil 1-3 tetapi tidak mampu menembus servis Djokovic. Petenis Serbia itu memenangkan 12 dari 15 servis poin. Djokovic kembali unggul 4-1 tapi mampu disamakan oleh Thiem 4-4. Djokovic mengunci set pertama 6-4 dalam tempo 53 menit ketika Thiem melakukan kesalahan ganda pertamanya.

Set kedua

Djokovic memulai set kedua dengan unggul 1-0 tapi disamakan 1-1. Meskipun Thiem tidak bisa mengonversi dua break point di game ketiga, dia memimpin 3-1. Ketika Thiem melakukan pukulan backhand panjang pada break point di posisi unggul 4-3, Djokovic tertekan.

Wasit memberi Djokovic peringatan untuk tidak melakukan servis dalam waktu 25 detik pada poin imbang 4-4. Djokovic dipaksa untuk melakukan servis kedua pada break point untuk Thiem. Dalam posisi 5-4, Thiem merebut set kedua 6-4 dalam waktu 49 menit.

Set ketiga

Djokovic kehilangan kepercayaan diri pada servis dan untuk pertama kalinya, dalam mematahkan servis untuk game pertama set ketiga, Thiem memimpin jauh 4-0. Setelah awalnya bermain dengan tenang, jumlah kesalahan Djokovic melonjak dan ia kehilangan konsentrasi. Thiem semakin menjauh 5-1 dan menang 6-2.

Set Keempat

Setelah menyelamatkan break point di game ketiga, berkat kemenangan backhand voli, Djokovic bisa mengendalikan situasi di set keempat. Set menentukan bagi Thiem berlangsung ketat. Djokovic unggul dahulu 1-0 tapi disamakan 1-1, 2-2, hingga 3-3.

Ketika posisi 3-4 untuk Djokovic, Thiem membuat kesalahan voli drop forehand. Kesalahan itu terbukti menjadi titik balik yang besar ketika Thiem terus melakukan kesalahan ganda. Djokovic mengubah peluang break point keduanya dengan kesalahan forehand dan memperpanjang napasnya dengan unggul 6-3 dalam 42 menit.

Set Kelima

Set penentuan, Thiem membuka 1-0. Djokovic mengejar hingga unggul 3-1. Keduanya tidak menyerah. Thiem mendekat dengan memperkecil 2-3, 3-4, 4-5. Djokovic yang berada di atas angin mengakhiri mimpi Thiem untuk menjadi juara Australia Terbuka dengan unggul 6-4.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.4248 seconds (0.1#10.140)