5 Klausul Aneh dalam Kontrak Pemain Sepak Bola

Kamis, 03 September 2020 - 08:05 WIB
loading...
5 Klausul Aneh dalam Kontrak Pemain Sepak Bola
Dalam perjanjian kontrak pemain sepak bola profesional tidak melulu berisi perihal gaji dan durasi kontrak bersama klub baru. Tetapi ada juga berbagai klausul yang beragam seperti bonus atau larangan tertentu yang harus dipatuhi pemain / Foto: Kolase
A A A
Dalam perjanjian kontrak pemain sepak bola profesional tidak melulu berisi perihal gaji dan durasi kontrak bersama klub baru. Tetapi ada juga berbagai klausul yang beragam seperti bonus atau larangan tertentu yang harus dipatuhi pemain.

Selain aspek tersebut ada juga permintaan yang mungkin dianggap nyeleneh, seperti yang dibeberkan oleh DailyStar, mengenai lima klausul aneh pemain sepak bola. Mulai dari permintaan terbang ke luar angkasa hingga takut bepergian naik pesawat terbang.

Berikut 5 Klausul Aneh dalam Kontrak Pemain Sepak Bola

5 Klausul Aneh dalam Kontrak Pemain Sepak Bola

1. Stefan Schwarz (Sunderland)

Itu terjadi pada musim panas 1999. Mantan pemain Arsenal itu bergabung dengan Sunderland dengan rekor 4 juta poundsterling dari Valencia. Dalam klausul kontrak tersebut Schwarz telah menyatakan keinginan untuk mengunjungi luar angkasa.

Begitu kagetnya dewan Sunderland mengetahui permintaan tersebut, sehingga mereka bersikeras pada ketentuan "tidak ada perjalanan luar angkasa" dalam kontrak gelandang internasional Swedia itu.

Memang, Reid memberi tahu Schwarz bahwa setiap penerbangan potensial ke luar angkasa tidak akan ditoleransi. Setelah hanya membuat 62 penampilan liga dalam empat tahun bersama Sunderland, mungkin karier perjalanan luar angkasa prospektifnya akan berjalan lebih baik daripada waktunya di timur laut.

5 Klausul Aneh dalam Kontrak Pemain Sepak Bola

2. Dennis Bergkamp (Arsenal)

Hanya memikirkan harus naik pesawat membuat Bergkamp merasa tidak nyaman. Itu tampaknya berasal dari waktunya di Inter Milan, yang menggunakan pesawat kecil untuk semua pertandingan tandang yang sangat dibenci Bergkamp.

Itu juga berlaku ketika Bergkamp bergabung dengan Arsenal pada 1995. Dalam klausul kontraknya diketahui bahwa dia tidak akan ikut rombongan The Gunners saat mereka melakukan perjalanan menggunakan pesawat.

Akibatnya, Bergkamp terpaksa melewatkan banyak pertandingan Liga Champions, meskipun ia berusaha untuk bepergian dengan kereta dan mobil jika memungkinkan. Dan itu juga yang menghalanginya menjadi legenda di Arsenal.

5 Klausul Aneh dalam Kontrak Pemain Sepak Bola

3. Mario Balotelli (Liverpool)

Salah satu karakter sepak bola yang paling misterius ini membuat sejumlah pelatih seperti Jose Mourinho dan Roberto Mancini sulit untuk bekerja sama dengan perilaku aneh Balotelli.

Mulai dari mengizinkan teman-temannya menyalakan kembang api di kamar mandinya, menembakkan pistol udara di alun-alun Milan, serta mengemudi ke penjara wanita di Italia, hanya untuk sekadar melihat-lihat.

Aktivitas di luar lapangan Balotelli inilah yang dianggap nyeleneh. Ketika Liverpool membeli mantan pemain Manchester City itu kembali ke Inggris dari AC Milan pada 2014, mereka memasukkan bonus perilaku senilai 1 juta poundsterling dalam kontraknya untuk perilaku yang baik di lapangan.

Balotelli sebenarnya hanya menerima tujuh kartu kuning di semua kompetisi untuk The Reds. Bahkan dia tidak pernah diusir dari lapangan pertandingan. Tapi orang Italia itu gagal memenuhi ekspektasi di Anfield dan segera kembali ke Milan dengan status pinjaman.

5 Klausul Aneh dalam Kontrak Pemain Sepak Bola

4. Stig Inge Bjornebye (Liverpool)

Berpegang pada bagian merah Merseyside, bek kiri Norwegia Bjornebye adalah rekrutan eksotis ketika ia bergabung dengan Liverpool pada 1992, karena hanya ada sedikit pemain asing di Liga Primer saat itu.

Sebagai seorang pesepak bola, dia telah menunjukkan minat untuk meniru ayahnya, Jo Inge Bjornebye, dengan menjadi pelompat ski profesional. Itu bisa membuktikan lereng licin untuk Liverpool, tetapi mereka memberlakukan klausul yang berarti bahwa Bjornebye tidak diizinkan dalam jarak 200 yard dari lereng ski.

Dia kemudian membuat lebih dari 100 penampilan untuk Liverpool selama delapan tahun di Anfield.

5 Klausul Aneh dalam Kontrak Pemain Sepak Bola

5. Thomas Vermaelen (Barcelona)

Bukan hal yang aneh bagi pesepak bola untuk memiliki strop ketika mereka disuruh bermain di luar posisinya. Tapi itu tidak akan pernah menjadi masalah bagi bek internasional Belgia Vermaelen.

Saat bergabung dengan Barcelona dari Arsenal seharga 15 juta poundsterling pada musim panas 2014, dia menyetujui klausul dalam kontraknya yang berarti bahwa dia wajib bermain di posisi apa pun yang dianggap tepat oleh tim pelatih.

Klausul lain dalam kesepakatannya melihat Vermaelen "melakukan upaya maksimal untuk berintegrasi ke dalam masyarakat Catalan dan belajar bahasa Catalan". Vermaelen, yang sekarang bermain untuk klub Jepang Vissel Kobe, hanya tampil 34 kali di liga untuk Barcelona selama lima tahun - dan memertahankan kontraknya dengan bermain di berbagai posisi di lapangan.
(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1209 seconds (0.1#10.140)