alexametrics

PSG Salip Man City Sebagai Klub Terkuat Secara Finansial

loading...
PSG Salip Man City Sebagai Klub Terkuat Secara Finansial
Juara bertahan Ligue 1 Prancis Paris Saint-Germain (PSG) mengalahkan Manchester City sebagai klub paling kuat secara finansial dalam sepak bola dunia/Foto/Reuters
A+ A-
PARIS - Juara bertahan Ligue 1 Prancis Paris Saint-Germain (PSG) mengalahkan Manchester City sebagai klub paling kuat secara finansial dalam sepak bola dunia. Berdasarkan laporan tahunan Soccerex Football Finance 100, PSG memuncaki edisi 2020 dengan skor indeks keuangan sepak bola 5.318.

Skor indeks keuangan sepak bola didasarkan pada nilai skuat saat ini, aset berwujud, keuangan tersedia di akun mereka, investasi pemilik potensial, dan utang bersih.

Menurut laporan tersebut, PSG telah mengurangi utangnya hingga 70 juta euro (Rp1,04 triliun) selama setahun terakhir sementara tingkat utang City meningkat lebih dari 90 juta euro (Rp1,33 triliun).



Bayern Muenchen berada di urutan ketiga dengan Tottenham Hotspur dan Real Madrid melengkapi lima besar.

Manchester United turun delapan undakan dari tahun lalu ke posisi ke-16 dalam laporan itu, terutama disebabkan depresiasi nilai skuat dan peningkatan utang tunai.

Laporan itu juga mencatat, klub elite Eropa menyumbang 80% dari 30 besar, tetapi hampir setengah dari klub tersebut dimiliki oleh entitas non-Eropa, termasuk organisasi dan individu dari Timur Tengah, Amerika Utara dan Asia Tenggara.

"Laporan tahun ini melukiskan gambaran positif kesehatan finansial kolektif sepak bola, tetapi juga menyoroti ketidakseimbangan yang tumbuh antara kekuatan elite modern Eropa, dengan beberapa brand warisan permainan," kata Philip Gegan, direktur pelaksana Soccerex.

"Terlepas dari dominasi Eropa, sepak bola adalah permainan global dengan investasi dari pasar-pasar berkembang sepak bola sangat mendukung pertumbuhan yang berkelanjutan."

Liga Primer Inggris diwakili oleh 18 klub dalam 100 teratas, sedangkan Liga Utama AS (MLS) adalah yang terbaik berikutnya dengan 17 klub.

Klub Sepak Bola Los Angeles mendapat peringkat tertinggi dari MLS di tempat ke-18 di depan saingan lokal LA Galaxy di nomor 22.
(sha)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak